Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Jok Yamaha Nmax 155 Mudah Dibobol

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video di Instagram bahwa jok motor Yamaha Nmax bisa dibuka dari sisi samping tanpa menggunakan kunci. Tampak dalam video yang diunggah oleh akun @merapi_uncover hanya bermodalkan tangan kosong jok motor 155 cc ini bisa dibuka dengan mudah.

Perlu diketahui, pada dasarnya motor ini memang dibekali kabel untuk menarik tuas kunci jok yang ada di belakang. Hampir semua motor menggunakan kabel untuk mekanisme kunci jok.

Pemilik Geovani Motor Tugiyo, mengatakan Yamaha Nmax yang ada di video tersebut adalah tipe lama, sementara yang tipe baru sudah lebih susah untuk dibobol.

“Itu Yamaha Nmax lama, yang memang mekanisme untuk bukaan jok ada di sebelah kiri, tertutup oleh dek, terlihat juga itu yang tipe kunci manual, belum yang keyless,” ucap Tugiyo kepada Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Dia mengatakan mekanisme pembuka jok pada sebagian besar sepeda motor masih menggunakan kabel, dan untuk membukanya memang bisa dengan menariknya saja.

“Untuk yang Yamaha Nmax tipe baru, yang New Nmax itu sudah tidak bisa dirogoh dengan tangan, karena sudah ada tutupnya dan susah dibuka,” ucap Tugiyo.

Dia juga mengatakan pembaruan dari dealer pasti dilakukan, salah satunya ya menutup celah bagi pelaku kriminal.

“Hampir semua sepeda motor menggunakan kabel, hanya saja tidak semua tahu di mana jalur kabel tersebut, dan apakah mudah atau susah untuk meraihnya, itu akan menentukan mudah atau tidaknya jok motor dibobol,” ucap Tugiyo.

Dia juga mengatakan, bagi pemilik motor Yamaha Nmax tipe lama sebaiknya lebih hati-hati. Jika memang kabel tuas kuncian jok tersebut mudah diraih, maka sebaiknya dilakukan penutupan atau disembunyikan di sudut yang lebih tidak terjangkau.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/03/172200115/mitos-atau-fakta-jok-yamaha-nmax-155-mudah-dibobol

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.