Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota BMW iX dan i4 Sudah Habis, Baru Bisa Dibeli Tahun Depan

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah diluncurkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, BMW Group Indonesia mengungkapkan bahwa kuota untuk mobil listrik terbarunya, iX dan i4, sudah habis sampai tahun depan.

Para peminat BMW iX dan i4 harus menunggu cukup lama agar dapat menggarasikan kedua produk dimaksud jika melakukan pemesanan sekarang.

Demikian dikatakan Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan kepada beberapa wartawan di GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Senin (15/8/2022).

"Soal mobil listrik, kuota untuk tahun depan saja sekarang sudah habis. Dan ini masih banyak yang pesan. Jadi kita tidak tahu sampai kapan (masa tunggu atau indennya)," ucap dia.

"Pasokannya saya tidak bisa sebut, tetapi sedikit ya," lanjut Ariefin.

Menurut Ariefin, pemesanan yang membludak ini salah satunya dipengaruhi oleh kenaikan harga BBM yang beberapa waktu lalu menjadi sorotan. Sehingga membuat beberapa masyarakat berpikir perlunya mobil listrik.

"Lalu secara global, mobil listrik itu permintaannya sedang meningkat. Inilah yang menjadi tantangan kita. Jujur, kaget ya saat launching ternyata respons masyarakat sangat positif, minatnya besar sekali," ucap dia.

Tidak sampai di sana, adanya pemesanan awal yang dilakukan masyarakat di beberapa waktu lalu saat kabar kehadiran iX dan i4 ingin masuk ke Tanah Air mencuat juga jadi sorotan tersendiri.

Sementara itu, kuota atau pasokkan mobil (impor) untuk pasar domestik di tahun ini cukup terbatas.

"Sebelum GIIAS, sudah ada yang placing order, karena mereka tahu produk itu akan keluar. Ketika diluncurkan, permintaan jadi tambah lagi. Jadi ini kita masih putar otak, bisa tidak dapat kuota lebih untuk Indonesia," katanya.

Walau demikian, Arifien mengaku pihaknya tidak menyetop pemesanan iX dan i4. Tetapi para konsumen tetap akan diinformasikan mengenai kondisi terkini dari pemesanan unit dan suplai.

Diketahui, BMW iX adalah Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis.

Varian model yang diluncurkan di Indonesia adalah BMW iX xDrive40, memiliki output lebih dari 326 Hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Unit baterai BMW iX xDrive40 memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh hasilkan jangkauan hingga 420 kilometer. Sementara itu, BMW i4 mengkombinasikan aura sporty dalam kenikmatan berkendara bebas emisi dengan kelapangan dan fungsionalitas gran coupe empat pintu.

Mobil ini tersedia dalam satu varian model di Indonesia yakni BMW i4 eDrive40 dengan kombinasi konsumsi daya listrik 19,9 kWh/100 km, menggabungkan motor listrik 340 hp bekerja sama dengan penggerak roda belakang klasik.

BMW i4 eDrive40 dapat mencapai 0 hingga 100 km per jam dalam 5,7 detik dan mencatat jangkauan hingga 580 kilometer.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/15/154100915/kuota-bmw-ix-dan-i4-sudah-habis-baru-bisa-dibeli-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke