Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Mengapa Motor Listrik Keeway Belum Dijual Massal

TANGERANG, KOMPAS.com - Keeway sudah memperkenalkan dua sepeda motor listrik yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi di ajang PEVS 2022, Juli 2022 lalu. Namun sampai saat ini, kedua motor tersebut masih belum dijual massal ke publik.

Steven Kentjana Putra, CEO Benelli Motor Indonesia, perusahaan yang membawahi merek Benelli dan Keeway, mengatakan, pihaknya menunggu kebijakan pemerintah terkait mandatory perusahaan logistik atau transportasi punya kendaraan listrik.

"Lagi menunggu perusahaan dan endorsement dari pemerintah (bahwa) 20 persen (kendaraan) harus listrik, dari Perhubungan wacananya sudah (ada) tapi belum," kata Steven yang ditemui di GIIAS 2022, akhir pekan lalu.

"Kita (misal) bicara armada Si Cepat, armadanya ada 1.000 unit (motor) itu 20 persennya tidak boleh ICE (motor bensin) tapi harus diganti listrik," kata dia.

"Kalau ada 10.000 (unit) hitung saja 20 persennya. Berapa banyak itu Grab, Gojek, JNT, Si Cepat, kita menunggu itu karena itu kesempatan buat kami karena itu mainnya fleet-kan, misal 1.000 unit, 2.000 unit," kata dia.

Steven tak menampik bahwa dia menunggu adanya penjajakan bisnis dengan perusahaan lain untuk menyuplai armada motor listrik. Apalagi menurut dia Citi Ezi cocok sebagai alat transportasi komuter di perkotaan.

"Ya makanya motor itu belum saya masukin, saya hanya impor display untuk memperkenalkan, saya tidak mau dibilang 'wah Benelli-Keeway kok tidak ada listriknya' saya mau tunjukkan bahwa ada kok," kata dia.

Sekilas mengenai Citi Ezi punya dua ragam yaitu versi standar dan versi kargo. Sesuai namanya versi kargo ini dibekali dengan rak depan belakang sehingga cocok untuk armada pengiriman barang atau makanan.

Dimensi Citi Ezi memiliki panjang 1.820 mm, lebar 730 mm dan tinggi 1.060 mm. Jarak sumbu roda 1.290 mm. Bobot kering tanpa baterai 80 kg dan daya angkut maksimal 180 kg dengan pengendara.

Catu daya pakai dua buah baterai alumunium alloy pack 60V/20AH. Masing-masing baterai seberat 18,6 kg. Baterai punya masa pakai 1.000 kali pengisian. Isi daya dari kosong sampai penuh 10-12 jam dengan charger 4,5 A.

Dinamo berdaya 60V 3.000A dapat menghasilkan tenaga 3.000W dan torsi setara 150 Nm. Top speed diklaim bisa tembus 80 kg, jarak tempuh maksimal 100 km dan bisa nanjak hinga kecuraman 20 derajat

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/15/094200015/penjelasan-mengapa-motor-listrik-keeway-belum-dijual-massal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke