Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahap Awal, Elektrifikasi Fokus untuk Pasar Dalam Negeri

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyatakan bahwa, era elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia akan difokuskan ke pasar nasional lebih dahulu.

Hal ini, seiring dengan pembentukan atas ekosistem elektrifikasi di Indonesia yang masih perlu untuk didorong dan volume penjualan yang kecil.

"Electric vehicle (EV) sekarang untuk di pasar domestik. Tapi tentu kalau volume naik, kita juga sasar ekspor," kata dia di GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Tapi sayangnya Airlangga tak menyebut lebih jauh indikator batas atau harapan volume penjualan kendaraan listrik di dalam negeri agar bisa mulai ekspor.

Dalam kesempatan sama, ia pun memuji gelaran GIIAS tahun ini yang mulai fokus untuk perkenalan kendaraan listrik.

Hal tersebut terlihat dari sejumlah perserta yang semakin banyak dan turut membawa kendaraan listrik terbaru serta terbaiknya ke khalayak ramai.

"Selamat kepada GIIAS yang pameran ke 29 dan saya lihat jumlah perserta dan EV nya banyak," ucap dia.

"Jadi semua merek sudah menampilkan EV. Jadi dengan dukungan pemerinta, tentu diharapkan EV ini sudah mulai bisa dijual didalam negeri dengan harga yang kompetitif," tambahnya.

Adapun realisasi penjualan kendaraan listrik di Indonesia, sepanjang semester pertama 2022 mencapai 3.819 unit, yang terdiri atas model hybrid, Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), data terkait merupakan akumulasi dengan rincian 3.314 unit dari penjualan model hybrid, 10 unit PHEV, dan BEV menyumbang 495 unit.

Dibandingkan periode sama tahun lalu, jumlah ini meningkat 50 persen dari sebelumnya hanya 1.900 unit saja. Tapi perlu diakui kue pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia masih jauh dibanding mobil konvensional (0,8 persen).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/11/123536915/tahap-awal-elektrifikasi-fokus-untuk-pasar-dalam-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke