Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Stargazer Tipe Paling Murah Tanpa AC Double Blower

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem penyejuk kabin atau air conditioner (AC) merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Terlebih bagi negara yang memiliki dua musim sebagaimana Indonesia.

Terlebih untuk mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), AC double blower rasanya cukup penting kehadirannya di baris kedua. Di mana komponen ini bukan hanya berguna untuk kenyamanan penumpang pada baris kedua namun juga baris ketiga.

Namun, tak semua pabrikan roda empat menyematkan AC double blower pada mobilnya. Seperti contohnya Hyundai Stargazer yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Hyundai Stargazer memiliki empat tipe, yakni Active, Trend, Style dan Prime. Khusus untuk tipe terendah hanya dibekali air circulator yang merupakan sebuah fan yang hanya mengeluarkan hembusan angin belaka.

“Kami konfirmasi bahwa di tiga trim teratas terdapat roof Air Conditioner (AC) atau roof air conditioning sistem, di mana ada evaporatornya sehingga dapat menghasilkan udara yang dingin, bukan blower saja seperti yang terdapat di trim Active atau tipe terendah saja,” ucap Sugiartono, Technical Manager Before Service Department PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2022).

Hyundai memang menghilangkan komponen AC double blower pada tipe terendahnya, tetapi menggantikannya dengan air circulator sehingga embusan hawa dingin dari AC di sisi depan bisa diteruskan hingga ke belakang.

Sistem ini hampir sama seperti air circulator milik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hanya saja, bentuk air circulator di Hyundai Stargazer mirip dengan AC double blower.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak menjelaskan bahwa penyematan air circulator pada tipe terendah sengaja dilakukan agar konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.

“Lebih ke sisi pilihan dan perencanaan dari Hyundai Motor Company (HMC) dan tim produk planning yang ada di level Asia Pasific. Jadi, memang sudah seperti itu fasilitasnya baik dari fitur dan teknologi yang ditawarkan,” kata Uri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/05/092200715/hyundai-stargazer-tipe-paling-murah-tanpa-ac-double-blower

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke