Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Toyota Veloz Jadi Wadah Ekspresi Karakter Anime

SEMARANG, KOMPAS.com - Baik Avanza atau Veloz sudah menjadi mobil sejuta umat yang bisa mengakomodir kebutuhan kelurga Indonesia.

Namun keduanya juga bisa tampil beda dengan sentuhan yang cukup menyita perhatian melalui jalur modifikasi. Contohnya seperti yang dilakukan Eko Satriyanto Hadi, anggota Velozity Chapter Semarang.

Guna menjawab keinginan tampil beda dan sedikit ekstrem, Eko sengaja merombak Veloz lansiran 2013 dengan menyematkan cutting sticker diseluruh bodi MPV sejuta umat tersebut dengan tema toko kartun Inuyasha.

Kondisi itu tak hanya membuat tampilan Veloz jadi lebih mencolok, tapi juga layaknya sebuah lembaran buku komik yang penuh warna.

Eko mengklaim ide tersebut muncul setelah sang istri yang kebetulan hobi mengkoleksi serial manga dan punya hasrat menuangkan imajinasinya. 

"Cerita awal diskusi sama istri, kebetulan sama-sama hobi manga dan anime Jepang. Bingung mau diekspresikan ke mana, spontan kepikiran bikin stiker mobil aja," ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

"Sudah suka modifikasi, sekalian warna bodi total ditempel stiker. Terpilih lah tokoh kartun Inuyasha setelah diskusi beberapa lama sih," tambahnya. 

Alur modifikasi merambah ke sektor kaki-kaki. Tak ingin terlalu vulgar, sentuhan manis dan simpel dipilih untuk mendapat kesan sporty melalui pemasangan pelek OEM R17 copotan Honda HRV dan dipadukan coilover custom. 

"Konsep kaki-kaki masih belum full. Coilover empat titik custom bengkel lokal supaya bisa dapat komposisi pas jarak main fender dengan ban. Ke depan akan pakai air suspension biar kesan racing look dapat," kata dia.

Tak hanya luar, kabin juga mendapat ubahan dengan memadukan lapisan jok MB-Tech berwarna merah dan retrim ulang semua interior.

Paling ekstrem modifikasi pada bagian audio beraliran Sound Quality Loud (SQL). Kebetulan, mobil ini juga kerap tampil di beberapa kontes audio.

Terakhir, pada 2020 lalu 'Inuyasha' menyabet juara kedua ajang Goldy Autofest di Simpang Lima kategori Sound Qulity (SQ). 

"Beberapa penghargaan pernah diraih, I-CAN di Serpong tahun 2021 dapat penghargaan kelas 3 Way consumer 3 Way-U. Lalu, IASCA juga mendapat penghargaan untuk nominasi terbaik kelas SQL," ujar Eko. 

Sementara untuk dapur pacu, Eko tak merombak total. Hanya simpel saja guna mendongkrak performa dengan pergantian injektor aftermarket 12 hole. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/25/203100115/saat-toyota-veloz-jadi-wadah-ekspresi-karakter-anime

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke