Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas All New Honda Civic Type R, Mesin Terbuas di Keluarga Civic

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sudah resmi meluncurkan All New Civic Type R. Sedan sport ini diklaim sebagai yang tercepat dengan mesin yang paling buas yang ada di deretan keluarga Civic.

Honda sengaja mengembangkan mobil ini dengan tujuan untuk mencapai performa berkendara dengan kecepatan tertinggi. Tapi, tetap menjunjung kenyamanan berkendara.

Pengembangan All New Honda Civic Type R dilakukan dari basis Civic Hatchback generasi terbaru. Namun, ada beberapa modifikasi yang dilakukan, seperti sasis yang dibuat lebih rendah dan lebih lebar.

Lalu, jarak pandang ke depan juga dibuat lebih lebar untuk memberikan visibilitas lebih baik kepada pengemudi saat melaju dalam kecepatan tinggi.

All New Honda Civic Type R 2023 merupakan generasi ke-11 Civic. Mobil ini diciptakan juga sekaligus untuk menandai ulang tahun Civic Type R ke-30 dan ulang tahun Civic ke-50.

Hideki Kakinuma, All New Civic Type R Development Leader, mengatakan, misi dari Type R adalah mengejar kecepatan dari mobil balap dan kenikmatan mobil balap yang tak tertandingi dengan mengombinasikan teknologi dan desain yang canggih.

"Kami menciptakan mobil sport berpenggerak roda depan terbaik yang sejalan dengan insting pengendara," ujar Kakinuma, dalam video yang diunggah pada akun resmi media sosial Honda di YouTube.


Eksterior

All New Honda Civic Type R dibuat lebih aerodinamis, mulai desain fender yang lebar dan terintegrasi dengan bodi, dibentuk mengalir melalui panel samping. Sehingga, aliran udara mengalir tanpa hambatan dari depan ke belakang.

Pada bagian belakang, mobil ini sudah dilengkapi dengan spoiler besar dan diffuser baru yang terintegrasi dengan bagian bawah mobil untuk meningkatkan aerodinamika.

Sistem knalpot dengan model triple-exit tetap dipertahankan. Namun, pipa knalpot yang ada di tengah dibuat lebih besar diameternya.

Bagian air intake juga dibuat lebih besar, ditambah dengan adanya splitter. Sementara di bagian tengah, disematkan sepasang side skirt.

Kemudian, peleknya menggunakan ukuran 19 inci yang dipadukan dengan ban Michelin Pilot Sport 4S. Jika dilihat di balik pelek, terdapat kaliper rem Brembo untuk mendukung pengereman.

Untuk detailnya, Honda memberikan warna merah yang menjadi ciri khasnya, seperti pada kaliper rem dan cover mesin.

Interior

Bagian interior mobil ini cukup menarik, banyak dihiasi dengan ornamen berwarna merah yang memberikan kesan sporty dan racy. Apalagi, dikombinasikan dengan warna hitam yang mendominasi kabinnya.

Warna merah tersebut bisa dilihat pada logo Honda yang ada di setir, jok model bucket seat, karpet, dan beberapa detail lainnya. Setirnya dilapisi dengan suede Alcantara dengan jahitan berwarna merah.

Pada bagian dasbor juga disematkan pelat yang memberi tahu nomor seri dari mobil tersebut. Pelat ini juga menjadi bukti otentik dari All New Honda Civic Type R.

Mesin

All New Honda Civic Type R dibekali dengan mesin 2.0 L VTEC Turbo yang sudah ditingkatkan performanya. Pada bagian turbonya, bilah pada turbin sudah direvisi untuk membuat aliran udara lebih baik, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar.

Sayangnya, besaran tenaganya belum diketahui. Begitu pula dengan kemampuan akselerasinya.

Sebagai gambaran, Civic Type R generasi sebelumnya memiliki tenaga maksimum hingga 316 tk dengan kemampuan akselerasi 0-96 km/jam hanya 5,7 detik.

Tenaga didistribusikan ke roda depan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Rev Match Control System membuat pegoperasian pedal lebih cepat beradaptasi menyesuaikan dengan keinginan pengemudi ketika memindahkan gigi.

Fitur

Sedan sport ini dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni Individual, Comfort, Sport, dan +R.

All New Honda Civic Type R kini menampilkan Honda LogR, yang memberikan informasi real-time tentang pergerakan mekanis kendaraan serta perilaku kendaraan yang dihasilkan berdasarkan masukan dari pengemudi.

Data logger tersebut juga dapat dikoneksikan dengan aplikasi pada smartphone pengemudi. Video yang diambil pada smartphone dapat terintegrasi dengan data kendaraan.

Honda juga menyematkan Speed Limiter Release Function. Pembatas kecepatan tersebut dapat dinonaktifkan pada 13 sirkuit yang ada di Jepang, yang sudah disertifikasi oleh FIA. Untuk diketahui, Honda membatasi kecepatan mobil ini pada 180 km/jam.

Untuk pilihan warna, All New Honda Civic Type R menampilkan warna ikonik khas Type R, yaitu Championship White. Selain itu, juga terdapat pilihan Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl serta Frame Red dan Racing Blue Pearl yang menjadi pilihan warna baru untuk model ini.

Soal kehadirannya di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku masih mempelajari apa yang menjadi kebutuhan konsumen di Indonesia, termasuk Civic Type R.

“Untuk Type R, Kami akan terus mempelajari permintaan konsumen dan kondisi pasar yang tepat sebagai pertimbangan untuk memperkenalkan model ini di Indonesia,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain spesifikasi mesin yang belum diungkapkan secara detail, Honda juga belum mengumumkan berapa harga yang akan dibanderol untuk All New Civic Type R 2023.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/25/142100215/bahas-all-new-honda-civic-type-r-mesin-terbuas-di-keluarga-civic

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke