Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Fitur Andalan T Intouch dan TSS pada Toyota Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir 2021 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan koleksi MPV barunya, yakni All New Veloz.

Toyota Veloz generasi terbaru ini tak hanya mendapat ubahan total pada bagian eksterior dan interior, tetapi juga telat disematkan dengan fitur andalan yang sebelumnya hanya dapat dinikmati pada mobil-mobil kelas premium, yakni Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi berbasis telematika T Intouch.

“TSS dan T Intouch merupakan dua teknologi canggih yang menjadi wujud dari komitmen Toyota dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman. Untuk itu kami terus melengkapi model-model baru yang kami hadirkan dengan kedua teknologi ini, tidak hanya pada model premium saja, namun juga model yang diminati banyak orang seperti All New Veloz,” ucap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Untuk lebih mengenal fitur tersebut, Toyota menggelar media experience bertajuk #SafeJakarta. Tim redaksi Kompas.com bersama pewarta lainnya berkesempatan untuk mengenal lebih jauh kedua teknologi tersebut dan mempraktikan secara langsung menggunakan All New Veloz.

Rute yang dipilih masih di Jakarta, mulai dari Blok M, Senayan, Pantai Indah Kapuk (PIK), Cilandak, dan finis di Kebayoran Baru.

Mengawali media experience ini, tim redaksi mencoba teknologi T Intouch dengan aplikasi mToyota yang telah diunggah pada smartphone.

Untuk mencari mobil yang akan digunakan, peserta harus menggunakan fitur find my car dalam aplikasi tersebut.

Fitur ini membantu mengarahkan menuju lokasi parkir All New Veloz sesuai titik yang tertera pada aplikasi. Dengan begitu, pemilik kendaraan akan dengan mudah menemukan kendaraan yang ada di area parkir yang padat seperti mal atau perkantoran.

Usai berhasil menemukan mobil yang akan dikendarai, tim redaksi pun melanjutkan perjalanan untuk menuju lokasi berikutnya.

Pada saat perjalanan, awak redaksi langsung mencoba fitur TSS yang terdiri dari Lane Departure Warning, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, dan Front Departure Alert.

Fitur ini dirancang untuk mendukung kewaspadaan pengemudi dan menyajikan perjalanan yang lebih aman.

Misalnya, Lane Departure Warning. Ketika berkendara di jalan bebas hambatan dengan kecepatan 80 Km per jam, fitur ini memberi peringatan kepada pengemudi jika berpindah lajur secara mendadak atau tidak sengaja, dengan memberikan suara alarm hingga mengoreksi kemudi agar pengendara tetap berada di lajurnya.

Kemudian, pada saat pengujian fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, disediakan sebuah objek menyerupai bagian belakang All New Veloz sebagai penanda.

Tim redaksi diminta untuk melaju dengan kecepatan konstan menuju objek tersebut tanpa menginjak pedal rem. Hasilnya, fitur Pre-Collision brake mobil mendeteksi objek tersebut, sehingga mobil berhenti dengan sendirinya tanpa pengemudi menginjak rem.

Namun, fitur ini baru akan bekerja jika pengemudi dalam kecepatan yang konstan, tidak melepas pedal gas ataupun menginjak rem. Pasalnya, jika hal tersebut dilakukan, sensor tidak bisa terbaca dan fitur ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Usai mencoba fitur Pre-Collision Warning, tim redaksi mencoba fitur Pedal Missoperation Control. Jadi, fitur ini membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas.

Ketika pedal gas diinjak dalam secara tiba-tiba, sensor langsung terbaca dan menerapkan pengereman serta membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Berlanjut ke fitur Front Departure Alert, pada percobaan ini, kaca jendela depan mobil yang dikendarai ditutup. Ketika mobil di depan berjalan menjauh, sistem ini akan memberi peringatan pada layar MID.

Fitur terakhir yang juga sangat berguna pada All New Veloz adalah hadirnya kamera 360, yang sangat membantu tim redaksi untuk memantau keadaan di sekitar kendaraan. Terlebih lagi ketika hendak parkir dan melewati jalan yang sempit.

Secara keseluruhan, fitur TSS pada All New Veloz sangat berguna dan membantu pengemudi saat berkendara. Selain memberi keamanan lebih, MPV Toyota ini juga memberikan kenyamanan kepada penumpang dan pengemudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/30/100200915/menjajal-fitur-andalan-t-intouch-dan-tss-pada-toyota-veloz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke