Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Safety Riding Naik Motor Tak Kenal Kata Jatuh Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik motor merupakan aktivitas yang berisiko tinggi. Sebab hilang fokus dapat menyebabkan kecelakaan. Karena itu mengendarai motor perlu keterampilan berkendara yang baik.

Meski demikian di lapangan bisa terjadi hal di luar dugaan. Pengendara yang sudah hati-hati namun orang lain yang sembrono. Kecelakaan seperti jatuh, tertabrak, atau menabrak tidak bisa dihindari.

Memang sebisa mungkin saat berkendara sebaiknya kita hindari hal-hal yang dapat membuat kita terjatuh. Namun tak ada salahnya juga untuk membekali diri dengan teknik jatuh yang aman.

Sebab, setiap pengendara harus siap dengan risiko terjatuh saat mengendarainya. Bahkan, pebalap hebat sekelas MotoGP pun pernah mengalami jatuh dari atas motor.

Lantas jika suatu waktu kecelakaan tak dapat terhindarkan apa yang mesti dilakukan? Adakah hal yang bisa dilakukan seperti jatuh yang aman untuk menghindari cedera berat.

Muhamad Arief Instruktur Yamaha Riding Academy, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, dalam safety riding sebetulnya tidak diajarkan untuk "jatuh aman" karena hal itu akan bertentangan dengan tujuan awal.

"Bicara safety riding soal jatuh yang aman, sebetulnya di safety riding itu ilmunya ialah pencegahan. Jadi sebelum terjadinya kecelakaan. Jika sudah celaka namanya adalah accident riding artinya tidak aman," kata Arief kepada Kompas.com, di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan lalu.

Arief mengatakan, jikapun ada yang mengajarkan apa yang mesti dilakukan ketika jatuh maka hal itu bukan solusi. Sebab artinya pengendara sudah jatuh dan risiko yang dapat terjadi lebih besar ketimbang tidak jatuh.

"Di safety riding itu tidak mengenal mengenal kata darurat atau tiba-tiba. Contoh naik motor kecepatan 100kpj tapi di depan ada pasar, ketika ada orang lewat langsung mengerem keras, ngepot, tidak menabrak, tapi kalau di safety riding itu audah salah karena mengerem mendadak," katanya.

"Kasus tersebut pengendara itu sudah masuk dalam kondisi darurat. Kenapa safety riding tidak mengenal emergency atau tiba-tiba. Sebab sudah tahu ada pasar maka sebaiknya pelan-pelan," kata Arief.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/21/172100215/safety-riding-naik-motor-tak-kenal-kata-jatuh-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke