Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Melintasi Empat Kota di Jawa Tengah | SIM C Khusus untuk Pengemudi Ojol

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Jateng Peni Rahayu mengatakan, konstruksi infrastruktur tersebut akan melewati empat kabupaten/kota di Jateng.


Selain itu, SIM C umum khusus buat ojol dan ekspedisi roda dua telah disiapkan Korlantas Polri dalam waktu dekat ini.

Aturan terbaru menyebut SIM yang dikhususkan bagi pengendara motor ini akan di bagi menjadi 3 golongan, yakni SIM C Umum, C1 dan C2. Meskipun demikian, kedepannya Korlantas masih mengkaji penerbitan SIM C umum khusus para pengemudi ojol dan ekspedisi roda dua.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 19 Juni 2022 :


1. Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Melintasi Empat Kota di Jawa Tengah

 

Hal ini dia sampaikan ketika mengisi Webinar Series 2: Konektivitas dan Peran Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, dikutip Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Peni datang sebagai nara sumber menggantikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang batal hadir.

"Kemudian, untuk (Tol) Jogja-Bawen atau Bawen-Jogja ini juga telah kami keluarkan, empat kabupaten/kota yang terlewati," jelasnya.

Sebelumnya, pembangunan tol tengah berproses untuk pengadaan tanah infrastruktur konektivitas tersebut.

2. Mau Ada SIM C Khusus Buat Pengemudi Ojol dan Ekspedisi

“SIM itu adalah merupakan bukti seseorang untuk bisa mengemudi, ada SIM A dan SIM C. Sedangkan SIM C nanti akan naik ke C1 dan C2. Saya nanti juga sedang wacanakan SIM C umum khusus buat ojol dan ekspedisi,” ujar Kombes Pol Tora.

“Saya juga sedang mau kordinasi juga dengan Kasubdit SIM karena banyak pengemudi motor angkutan umum, saya ingin wacanakan SIM C umum. Siapa pun bisa ojol, delivery, juga ekspedisi. Nanti kita mau buat kajian sama teman-teman dulu,” kata Tora, menambahkan Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

3. Inovasi Karoseri Tentrem Diklaim Bisa Membuat Operator Lebih Untung

Saat itu, bodi bus yang digunakan adalah Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino. Tidak lama berselang, PO EPA Star merilis bus dari Karoseri Tentrem dan menggunakan bodi aluminium tersebut dengan bodi Avante H9 AB.

Memang seberapa pengaruh bobot bus yang ringan dibanding biasanya?

4. Diskon Motor Bebek di Jakarta Fair 2022, Supra X 125 Tembus Rp 700.000

Motor berjenis underbone atau motor bebek mungkin peminatnya sudah tidak sebanyak motor matik. Meski begitu, PT Astra Honda Motor masih terus memperbarui jajaran motor bebeknya.

Menariknya, motor bebek Honda seperti Supra X 125 dan Revo X turut dipamerkan dalam ajang Jakarta Fair Kemayoran 2022. Seperti diketahui, Supra X 125 yang baru saja mendapatkan penyegaran dengan warna baru pada Mei 2022.

5. Hasil MotoGP Jerman 2022, Quartararo Menang Tanpa Perlawanan

Fabio Quartararo dari tim Monster Yamaha berhasil finish terdepan pada gelaran MotoGP di Sachsenring, Jerman, Minggu (19/6/2022).

Quartararo tidak mendapatkan perlawanan serius usai Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo yang menempel ketat jatuh di lap-5.

Johann Zarco yang berada di belakangnya tidak dapat memperkecil jarak dan harus puas berada di posisi kedua. Podium ketiga ditempati oleh Jack Miller dari Ducati Lenovo.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/20/060200915/-populer-otomotif-proyek-tol-bawen-yogyakarta-melintasi-empat-kota-di-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke