Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengecek Kondisi Air Aki Kendaraan Minimal Sebulan Sekali

JAKARTA, KOMPAS.com - Air aki pada mobil akan selalu berkurang seiring dengan pemakaian, sehingga pengguna wajib memeriksa level air secara rutin, dan jangan sampai telat.

Jika telat, maka air aki bisa saja habis dan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam aki tersebut. Tentu hal itu tidak diinginkan oleh setiap pemilik kendaraan.

Maka dari itu ada beberapa pengendara yang lebih memilih aki bebas perawatan, atau aki kering. Alasannya, lebih mudah dan aman karena tidak perlu memeriksa air aki setiap waktu. Jika saat ini aki mobil Anda termasuk tipe basah, maka wajib memeriksa air aki secara rutin.

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno menyarankan perlu memeriksa level air aki secara rutin, durasinya bisa tergantung dari seberapa sering mobil tersebut dikendarai.

“Untuk pemakaian wajar bisa dilakukan pengecekan air aki dua bulan sekali, tapi jika mobil tersebut digunakan hampir sepanjang hari setiap harinya, seperti ojek online gitu, maka saya menyarankan untuk memeriksa level air aki sebulan sekali,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa air aki memang bisa berkurang dengan sendirinya atau menguap karena terjadi reaksi kimia selama digunakan.

Berhubung berkurangnya air aki ini relatif cepat, maka pemilik kendaraan perlu memeriksanya setiap dua belan sekali atau sebulan sekali untuk kendaraan dengan mobilitas tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/17/141200715/mengecek-kondisi-air-aki-kendaraan-minimal-sebulan-sekali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke