Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Pengendara Motor Dorong Mobil Pikap Mogok Pakai Kaki

Cara ini dilakukan untuk mempercepat perjalanan menuju pom bensin atau bengkel terdekat, jadi pemilik motor yang mogok tak perlu menuntun kendaraannya dengan berjalan kaki.

Namun, aksi mendorong kendaraan mogok yang tak lazim oleh pengendara motor terlihat pada rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck.

Dalam video itu, tampak mobil pikap dibantu pengendara motor untuk bisa berjalan. Layaknya saat membantu sepeda motor yang mogok, mobil berkelir biru itupun didorong menggunakan kaki oleh pengendara motor.

Dengan menggunakan kaki kirinya, si pemotor mendorong mobil tersebut dengan perlahan.

Meski berniat membantu atau menolong, aksi stut seperti itu sebaiknya tidak dilakukan bisa berbahaya hingga menimbulkan kecelakaan.

“Tidak ada sejarahnya motor (yang lebih ringan) mendorong mobil (kendaraan yang lebih berat). Karena beda bobot, sehingga tidak akan menciptakan efek aktivitas atau dorong yang benar,” ujar Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, Sony menambahkan, hal yang paling penting saat berkendara adalah harus menjaga jarak.

“Ketika hal tersebut diabaikan, saat rem mendadak, manuver, atau menghindar, maka sudah pasti akan menyebabkan kecelakaan. Blindspot motor tersebut juga sangat besar karena jarak dengan mobil terlalu dekat,” katanya.

Jika hal tersebut dilakukan hanya untuk kesenangan semata, Sony menyarankan pengemudi motor sebaiknya berpikir dua kali demi keselamatan. Karena hal tersebut bisa membahayakan dirinya serta orang-orang yang berkendara di sekitarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/070200215/viral-video-pengendara-motor-dorong-mobil-pikap-mogok-pakai-kaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke