Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Wuling EV yang Bakal Dijual di Indonesia Beda dengan di China | Bisa Nonton Formula E dari Rumah, Cek Jadwalnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors beberapa waktu lalu memperkenalkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia yakni Wuling EV.

Jika dilihat secara desain, mobil listrik mungil yang akan dijual di Tanah Air memang terlihat berbeda dengan yang ada di China.

Seperti contoh, tampilan depan Wuling EV dibuat lebih modern dan futuristik berkat lampu utama yang memiliki LED dengan garis yang memanjang. Berbeda dengan Wuling EV di China yang desainnya lebih boxy dengan lampu kotak.

Kemudian, akhir pekan ini, Sabtu (4/6/2022), Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk seri kesembilan Formula E 2022. Balapan ini akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol.

Formula E berbeda dengan ajang balap lainnya, di mana sesi latihan dan kualifikasi digelar di hari yang berbeda dengan balapan. Ajang balap ini digelar hanya satu hari.

Sesi latihan bebas akan digelar pada pagi hari. Lanjut kualifikasi pada siang harinya. Sedangkan balapan, akan digelar pada sore hari.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu (4/6/2022):

1. Wuling EV yang Bakal Dijual di Indonesia Beda dengan di China

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, model yang diperkenalkan di Indonesia memang berbeda dengan yang ada di China atau model sebelumnya.

“Mobil listrik yang kami pasarkan di Indonesia ini mengusung bahasa desain future-tech, dengan desain LED mirip seperti sebuah horison, yang mendeskripsikan tampilan kendaraan masa depan,” ucap Danang saat ditemui Kompas.com, Rabu (1/5/2022).

Selain itu, ada juga perbedaan pada jarak tempuh. Wuling EV yang rencananya di jual di Indonesia memiliki jarak tempuh 200 hingga 300 kilometer, berbeda dengan Wuling EV China yang hanya mampu menempuh sekitar 150 kilometer.

2. Bisa Nonton Formula E dari Rumah, Cek Jadwalnya

Pebalap dan tim hanya memiliki sedikit waktu untuk mempelajari sirkuit dan membaca situasi, serta mengatur strategi.

Harga terendah untuk tiket Jakarta E-Prix dibanderol Rp 250.000 untuk Ancol Festival. Lalu, untuk kategori Circuit Festival harganya Rp 450.000.

Regulasinya Untuk grandstand, dijual dengan harga Rp 750.000. Sedangkan area VIP dan VVIP, dijual mulai Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Kemudian, untuk Zero Emission Stage Rp 10 juta dan Technology Stage Rp 7,5 juta.

3. Antara Yamaha dan Ducati, Dilema Valentino Rossi Setelah Pensiun

Tim satelit RNF Racing MotoGP akhirnya lepas dari Yamaha dan beralih ke Aprilia mulai musim depan. Yamaha pun memastikan hanya akan menurunkan dua motor dengan tim pabrikan untuk 2023.

Untuk pertama kalinya di era MotoGP, Yamaha tidak memiliki tim satelit. Sebelum RNF, Yamaha didukung oleh Tech3 yang akhirnya lebih memilih KTM.

Dikutip dari Speedweek.com, Kamis (2/6/2022), Valentino Rossi yang merupakan ambassador Yamaha berada di situasi yang cukup sulit untuk membantu pabrikan asal Jepang tersebut.

4. Apa Saja Syarat Ganti Pelat Nomor Putih?

Perubahan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan pribadi di Indonesia akan segera diterapkan.

Direncanakan mulai pertengahan Juni 2022, pelat nomor kendaraan pribadi berwarna putih akan diberlakukan secara bertahap.

Di Indonesia sendiri, pelat nomor kendaraan pribadi memiliki warna dasar hitam dengan tulisan putih, dengan adanya kebijakan ini makan akan berubah.

5. Pembatasan BBM, Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai Aplikasi

Seiring dengan akan adanya aturan larangan mobil mewah membeli bensin jenis Pertalite, ternyata Pertamina juga berencana menerapkan skema transaksi bahan bakar minyak (BBM) subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Hal tersebut dilakukan agar penyaluran BBM subsidi, baik Pertalite dan Solar, kepada masyarakat bisa tepat sasaran.

Namun, implementasinya sendiri masih dalam tahap persiapan sambil menunggu kriteria dari penerima subsidi yang akan diputuskan pemerintah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/04/060200015/-populer-otomotif-wuling-ev-yang-bakal-dijual-di-indonesia-beda-dengan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke