Salin Artikel

Produksi Toyota Makin Seret karena Krisis Cip, Ini Model yang Kena Imbas

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) berencana untuk memangkas produksi kendaraan globalnya sebesar 100.000 unit sebagai dampak kekurangan komponen cip semikonduktor pada Juni 2022 mendatang.

Dilansir dari keterangan resminya, penyesuaian produksi ini mencangkup beberapa produk baru seperti Land Cruiser 300 dan Voxy. Pengurangan dilakukan di 10 pabrik Toyota yang ada di Jepang.

"Kami di Toyota sekali lagi meminta maaaf atas penyesuaian produksi yang kami lakukan berulang kali. Ini terjadi karena kekurangan komponen karena penyebaran Covid-19," tulis Toyota dalam keterangannya, Rabu (25/5/2022).

Selain itu kondisi juga semakin parah karena suplai semikonduktor dari Shanghai, China juga tidak berjalan.

Pasalnya pemerintah China kembali menerapkan lockdown di Shanghai akibat ditemukannya kembali penyebaran Covid-19.

"Kesulitan ini membuat kami untuk melangkah ke depan. Namun kami selalu berupaya sebaik mungkin agar kami tetap mengirimkan kendaraan buat konsumen kami dalam waktu yang paling awal," jelasnya.

Pengurangan menurut Toyota hanya akan dilakukan di Mei dan Juni. Sejatinya setiap bulan pabrik-pabrik Toyota memproduksi mobil sebanyak 850.000 unit. Sebanyak 250.000 unit untuk pasar domestik dan 600.000 unit pasar ekspor.

Adapun beberapa produk yang terdampak ialah Crown, Mirai, GR Yaris, Century, Corolla, Corolla Cross, RAV4, C-HR, Harrier, Prius (termasuk PHV), Land Cruiser Prado, Land Cruiser 300, Land Cruiser 70, HiAce, Alphard, Voxy, Vellfire sampai bZ4X.

Sementara dari merek dagang Lexus, ialah Lexus NX, Lexus NX450h+, Lexus UX, hingga Lexus UX300e.

Meski demikian, perseroan mengatakan bahwa selama tahun finansial 2023 target produksi mobil tetap akan mencapai 9,7 juta unit. Hanya saja memang proses alokasi mobil akan lebih memakan waktu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/25/142100315/produksi-toyota-makin-seret-karena-krisis-cip-ini-model-yang-kena-imbas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.