Salin Artikel

Sudah Tahu, Apa Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia?

Korlantas Polri memastikan akan menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan mulai Juni 2022 secara bertahap.

Penggantian warna dasar pelat nomor bertujuan untuk efektifitas penggunaan kamera E-TLE alias tilang elektronik. Artinya pelat nomor putih akan memudahkan CCTV mengambil gambar pelanggar lalu lintas.

Aturan mengenai arti dari warna pelat nomor kendaraan mengacu pada Perpol Nomor 7 Tahun 2021, tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Dalam Pasal 45 dijelaskan berbagai arti dari setiap warna dasar pelat kendaraan bermotor di Indonesia.

Pelat nomor warna dasar putih dengan tulisan hitam menandakan kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional.

Kemudian, pelat nomor warna dasar kuning dan tulisan hitam, untuk kendaraan bermotor umum, baik barang maupun angkutan penumpang.

Pelat nomor berwarna dasar merah dengan tulisan putih diperuntukan bagi kendaraan bermotor instansi pemerintah. Masyarakat umumnya menyebut sebagai pelat dinas.


Terakhir, pelat nomor berwarna hijau dengan tulisan hitam diperuntukan bagi kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas yang mendapat fasilitas pembebasan bea masuk atau berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara untuk kendaraan listrik, Korlantas Polri sudah menentukan pelat nomor dengan memasang tanda tambahan khusus berupa warna biru. Tanda tersebut disematkan di tepi bawah pelat nomor kendaraan.

Sementara itu, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan perturan ini akan dijalankan secara bertahap. Korlantas Polri menargetkan pada 2027 pelat nomor hitam berganti menjadi pelat putih secara Nasional.

“Berubahnya nanti dari tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih, karena kan sudah 5 tahun,” kata Yusri, Minggu (22/5/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/24/092200815/sudah-tahu-apa-arti-warna-pelat-nomor-kendaraan-di-indonesia-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.