Salin Artikel

Toyota Konversi Calya Jadi Mobil Listrik, Siap Produksi Massal?

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota menggandeng tiga universitas untuk mengubah mobil Calya menjadi mobil listrik.

Ketiga universitas tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI) dan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Perkembangan konversi Calya menjadi mobil listrik merupakan upaya dalam mengembangkan dan menyambut era elektrifikasi.

Hal ini dipaparkan dalam acara webinar bertajuk ‘Aktifitas Riset Universitas Sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi’, Jumat (21/5/2022).

Meski begitu, Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, pengembangan tersebut murni merupakan penelitian. Ia mengaku, belum ada niatan untuk menjual Calya versi listrik di Indonesia.

“Alasan memilih Calya untuk dikonversi murni usulan universitas dengan pertimbangan bahwa ini model yang dekat dengan rakyat,” ujar Bob Azam, dalam webinar, Jumat (21/5/2022).

Selain itu, menurut Bob, penggantian sistem penggerak Calya bisa membuat Toyota memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai batas kemampuan model-model konvensional mereka untuk dijadikan mobil listrik.

“Dalam penelitian itu, kita kan mencari maksimalnya. Seberapa banyak baterai dan komponen lain yang bisa diimplementasikan pada segmen bawah, yang bisa dijangkau dan diakses oleh banyak masyarakat,” kata dia.

Meski begitu, Bob mengutarakan keinginan Toyota untuk memiliki varian listrik dari semua model yang dipasarkan di Indonesia pada masa mendatang.

“Kami bercita-cita semua model yang diproduksi di Indonesia ada versi listriknya apakah itu BEV (battery electric vehicle), hybrid, PHEV (plug-in hybrid), maupun flexi engine. Kami berharap semua model ada (model listriknya), sehingga konsumen punya banyak pilihan,” ucap Bob.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/22/144100915/toyota-konversi-calya-jadi-mobil-listrik-siap-produksi-massal-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.