Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting, Nyalakan Mesin Mobil Selama 3 Menit buat Periksa Oli Mesin

Maka dari itu, oli menjadi salah satu komponen penting pada mesin mobil sehingga wajib diperiksa saat mobil akan dipakai. Memeriksa oli mesin bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah parkirkan mobil di area yang rata. Kemudian hidupkan mesin dan tekan pedal gas hingga putaran kurang lebih 3.000 rpm di posisi N.

Market Problem Action Ast. Manager PT Honda Prospect Motor, Eko Sutrisno menyarankan agar menghidupkan mesin mobil selama 3 menit terlebih dahulu saat memeriksa oli mesin mobil.

“Biarkan kendaraan tersebut bekerja. Tunggu sampai 3 menit, lalu matikan mobil. Kenapa harus dinyalakan dulu? Agar oli tersebut bersirkulasi di dalam sistem,” kata eko kepada Kompas.com.

Caranya dengan melepaskan dipstick yang ada di ruang mesin dan amati level oli berada di mana. Pada saat melepas dipstick, bersihkan dahulu bagian ujungnya dengan tisu atau kain lap.

Kemudian, masukan kembali dip stick dan tarik. Dari cara tersebut bisa dilihat jejak oli di ujung dipstick berada di level apa.

“Kalau memang posisinya di level low atau posisi paling bawah, customer harus waspada. Kekhawatirannya ada kebocoran oli di sana, jika ada kebocoran makin lama kapasitasnya berkurang, bakal mempengaruhi kinerja mesin,” kata eko.

Selain tinggi rendahnya kapasitas oli, cara tersebut dapat melihat warna olinya seperti apa. Oli mesin yang bagus berwarna kecoklatan.

Bila warna oli cenderung agak ke hitam atau gelap, ada indikasi oli tersebut tidak dalam keadaan baik sehingga harus diganti.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/22/100100715/penting-nyalakan-mesin-mobil-selama-3-menit-buat-periksa-oli-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke