Salin Artikel

Motor MotoGP Makin Kencang, Balapan Malah Membosankan

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez buka suara mengenai kondisi persaingan di MotoGP. Menurutnya makin ke sini MotoGP jadi monoton karena kurang aksi salip-salipan.

Menurut Marc setiap tahun motor MotoGP semakin kencang. Tapi sisi buruknya ialah pebalap jadi makin jarang salip-salipan, padahal itu yang membuat penoton menyukai balapan ini.

Pebalap Repsol Honda itu menilai, menyalip lawan semakin sulit di musim-musim terakhir karena pemakaian sayap atau aerobody serta perangkat pengatur tinggi kendaraan.

“Dengan motor yang sebenarnya, atau situasi di kategori ini, untuk menyalip seseorang sekarang Anda perlu melakukan langkah yang sangat agresif,” kata Marc mengutip Crash.net, Rabu (18/5/2022).

“Dengan holeshot, dengan aerodinamika dan semua hal ini, sangat sulit untuk menyalip sekarang," ungkap Marc.

Baby Alien mengaku sudah pernah mengungkapkan hal ini. Sebab menurutnya, motor makin kencang belum tentu membuat persaingan di lintasan makin menarik sebagai tontonan.

“Saya sudah mengatakan di Komisi Keamanan di masa lalu bahwa kita akan pergi ke sini. Kami mendapatkan waktu putaran yang lebih cepat, tetapi orang-orang tidak menyadari jika Anda melaju setengah detik lebih cepat atau lebih lambat, mereka ingin melihat overtake!," ungkapnya.

Marc memberi contoh bahwa saat ini pebalap hanya bisa menyalip jika pebalap di depannya melakukan kesalahan.

"Jika pebalap di depan tidak melakukan kesalahan, hampir tidak mungkin untuk menyalip," katanya.

Senada dengan Marc, pebalap Mooney VR46 Luca Marini menyebut sulit melalukan overtake. Pebalap saat ini lebih menunggu pebalap di depan melakukan kesalahan untuk mengambil alih posisi.

“Sekarang Anda hanya tinggal di belakang pebalap depan dan menunggu dia melakukan kesalahan. Jika kami tidak melakukan kesalahan, tidak mungkin melakukan overtake,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/18/150100015/motor-motogp-makin-kencang-balapan-malah-membosankan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.