Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Mobil Diesel Kerap Mengeluarkan Asap Hitam dan Putih?

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah pada mobil terkadang bisa dideteksi dari asap yang keluar dari knalpot. Asap hasil pembakaran ruang mesin yang berwarna pekat menjadi pertanda ada yang bermasalah pada kendaraan.

Bagi pengguna mobil diesel, tentu familiar dengan asap knalpot berwarna hitam atau putih. 

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan mobil mengeluarkan asap berwarna?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, bahwa warna pada output kenalpot mobil diesel disebabkan oleh beberapa kemungkinan.

“Namun, umumnya karena campuran bahan bakar yang terlalu banyak atau terlalu boros,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi melanjutkan, masalah lainnya bisa juga disebabkan oleh injektor yang kotor atau aus. Kemudian, ada juga risiko turbocharger yang rusak sebagai akibat dari kegagalan fungsi mengirim pasokan udara yang tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar.

“Selain itu, filter udara yang juga sudah kotor juga bisa jadi penyebab, sehingga pasokan udara yg masuk ke mesin kurang atau karena rasio Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak tepat,” katanya.

Kemudian Didi menambahkan, apabila knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih menandakan adanya kebocoran pada oli.

“Biasanya bahan bakar terlalu sedikit, atau tercampur oli. Oli yang masuk ke ruang pembakaran bisa membuat campuran oli yang dibakar asapnya bisa berubah putih,” tambah Didi.

Menurut Didi, mobil diesel yang sehat normalnya tidak akan mengeluarkan asap berwarna hitam ataupun putih.

Jika pemilik kendaraan mengalami masalah tersebut, bisa mengecek pompa injeksi, injektor, atau filter bahan bakar. Sebab, masalah pada komponen tersebut bisa menyebabkan mesin mengeluarkan asap yang ngebul.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/17/112200515/mengapa-mobil-diesel-kerap-mengeluarkan-asap-hitam-dan-putih-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke