Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022 di Jawa Timur Berjalan Lancar

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim mengklaim bahwa arus lalu lintas (lalin) selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 di periode libur Lebaran 2022 terlaksana cukup lancar.

Hal tersebut, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (Anev) selama masa arus mudik dan balik hari Raya Idul Fitri 1443 H dari 25 April 2022 hingga 9 Mei 2022 kemarin.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar, dalam artian tidak ada hambatan yang berati,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Latief Usman saat dikonfirmasi, Rabu (11/4/2022).

Memang, ia mengakui bahwa pada rentang waktu tersebut sempat ada kepadatan kendaraan bermotor di beberapa titik. Kendati demikian, hal itu tidak berlangsung lama, bisa segera terurai.

Salah satu faktor yang melandasinya karena ruas tol Jakarta-Surabaya kini sudah tersambung secara penuh. Sehingga arus lalu lintas jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

“Dalam artian, masyarakat Jatim untuk mudik tahun ini, dengan adanya tol yang sudah tersambung dari Jakarta sampai Surabaya, bisa menikmati perjalanan," kata Latief.

"Beberapa rest area juga membantu pemudik lebih nyaman, untuk beristirahat sehingga lebih siap melakukan perjalanan,” lanjut Latief.

Adapun berdasarkan catatan Ditlantas Polda Jatim, kendaraan yang masuk wilayah Jawa Timur melalui tol selama 25 Maret 2022 sampai 9 Mei 2022 mencapai 296.755 unit kendaraan.

Sementara kendaraan yang keluar menuju wilayah DKI Jakarta sebanyak 275.649 kendaraan.

“Kita lihat data, antara masuk dan balik itu tidak perbedaannya tidak terlalu jauh. Berimbang. Kalau lihat data tadi selisihnya hanya 21.000 kendaraan yang keluar masuk,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/11/161019015/arus-mudik-dan-balik-lebaran-2022-di-jawa-timur-berjalan-lancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke