Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Tol Bandung-Jakarta Ditutup, Cek Jalur Alternatif via Jonggol | Update Skema One Way, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian akan kembali memberlakukan skema satu arah atau one way di tol Cikampek Km 47 sampai tol Kalikangkung Km 414. Dampaknya, kendaraan yang mengarah Jakarta akan tertahan.

Khususnya, kendaraan yang berasal dari arah Bandung. Para pemudik disarankan untuk mencari jalur alternatif atau melewati jalur arteri.

“Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur arteri kembali,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis (29/4/2022).

Kemudian, rekayasa lalu lintas masih terus dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Skema lalu lintas satu arah atau one way juga masih diterapkan. PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menyebutkan bahwa sejak pukul 07.40 WIB, telah dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek ke arah Cikampek.

Berikut ini rincian rekayasa lalu lintas tersebut.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 30 April 2022.

1. Tol Bandung-Jakarta Ditutup, Cek Jalur Alternatif via Jonggol

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan mohon agar para pengendara dari Bandung dapat mengatur waktu perjalanan, agar tidak terjebak dalam penutupan akibat rekayasa one way,” ujarnya.

Salah satu jalur alternatif yang bisa dilewati para pemudik dari arah Bandung menuju Jakarta adalah melalui Jonggol. Tim Kompas.com sudah menyusun rute, mulai Jalan Asia Afrika menuju Cibubur Junction. Estimasi jaraknya adalah 135 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Dari Jalan Asia Afrika, lurus ke Jalan Jend. Sudirman. Setelah beberapa kilometer, akan melewati Bundaran Cibeureum, lanjut lagi masuk Jalan Jend. Sudirman. Setelah itu, masuk ke Jalan Nasional III.

2. Update Skema One Way, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol

1. Contraflow sebanyak dua lajur berlaku dari Km 47 s.d Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 07.40 WIB.

2. Contraflow sebanyak satu lajur berlaku dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 87 Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sejak pukul 09.45 WIB.

3. One Way arus mudik masih berlangsung dari Km 87 Jalan Tol Cipali s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

3. Suzuki Kenalkan Escudo Bermesin Hybrid, Dijual Mulai Rp 300 Jutaan

Suzuki Jepang meluncurkan kembali Escudo setelah sempat vakum beberapa tahun. Walaupun terlihat mirip dengan pendahulunya, yakni Vitara di Eropa, SUV ini mendapatkan dapur pacu baru berupa mesin hybrid.

Sejatinya Escudo terbaru masih dibangun berdasarkan model yang telah dipasarkan pada 2014. Kemudian pada 2018, model ini mendapat penyegaran dengan mesin turbocharged modern.

Lalu dapat pembaruan lagi dengan mesin hybrid ringan 48V pada 2020, dan terakhir teknologi hybrid penuh 140V pada tahun ini.

4. Akibat Gunakan Bahu Jalan, HR-V Nyaris Tabrak Mobil yang Sedang Ganti Ban

Saat berhenti di bahu jalan, pinggir jalan raya, atau tol, pengemudi wajib tahu aturan dasarnya. Sopir harus memasang segitiga pengaman, demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Isyarat seperti itu pada umumnya menginformasikan bahwa mobil tersebut sedang dalam kondisi darurat. Misal, mogok, pecah ban, dan lain sebagainya.

Seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok @sonnyjohnbmc_99. Dalam rekaman itu terlihat pengemudi sudah melakukan aturan dasar ketika berhenti di bahu jalan. Salah satunya adalah dengan memasang segitiga pengaman.

5. [VIDEO] Tim Merapah Trans-Jawa Eksplorasi Tol Surabaya-Probolinggo

Salah satu segmen dalam perjalanan tim Merapah Trans-Jawa ke-5 2022 adalah menjajal akses mudik menuju titik akhir di Probolinggo, Jawa Timur.

Untuk tahun ini, perjalanan merapah Trans-Jawa Kompas.com berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Dari pengalaman redaksi menempuh jalur mudik utama Tol Trans-Jawa, Suzuki XL7 dan Ertiga, mampu mengantarkan perjalanan dengan aman dan nyaman.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/01/070100115/-populer-otomotif-tol-bandung-jakarta-ditutup-cek-jalur-alternatif-via

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke