Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Titik Rute Mudik Rawan Longsor di Lebak Banten

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang meningkat belakangan ini membuat beberapa wilayah di area rute mudik rawan kecelakaan, misalnya area yang rawan longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mewaspadai jalan rawan longsor di Lebak.

Jalan longsor ini disebabkan oleh topografi alam Lebak yang berada di area pegunungan, perbukitan dan juga daerah aliran sungai.

"Jika curah hujan tinggi disertai angin kencang tentu cukup berpotensi longsor juga pohon tumbang," ucap Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama seperti dikutip Antara, Minggu (24/4/2022).

Febby menjelaskan, curah hujan di wilayah Kabupaten Lebak belakangan ini cukup tinggi. Dua kecamatan sempat dilanda banjir. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau pengemudi untuk selalu waspada saat melintasi jalur tersebut.

BPBD Lebak bersama Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat akan membuat posko di jalur rawan longsor dan kecelakaan lalu lintas, untuk mengatur lalu lintas agar arus mudik tetap lancar.

Terakhir, Febby mengimbau pengemudi untuk menghentikan perjalanan jika cuaca buruk dan beristirahat untuk mencegah kecelakaan.

"Kami minta pemudik yang melintasi ruas jalan rawan kecelakaan dan longsor agar hati-hati menjalankan kendaraanya," ucap Febby.

Berikut ini beberapa titik ruas jalan di Kabupaten Lebak yang rawan longsor:

  1. Rangkasbitung - Cimarga- Bojongmanik - Leuwidamar - Cirinten
  2. Cipanas - Sobang - Citorek - Cibeber - Cilograng - Bayah
  3. Sampai - Cikulur - Cileles - Gunungkencana - Banjarsari

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/25/141200315/catat-ini-titik-rute-mudik-rawan-longsor-di-lebak-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke