Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Detail Bus Baru Karoseri Laksana, Suites Combi Family Series

UNGARAN, KOMPAS.com - Karoseri Laksana baru saja melakukan Private Showcase tiga produk baru di Ungaran, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022).

Salah satu produk yang paling menarik, adalah Legacy SR2 Suites Combi Family Series dengan kelir PO Sinar Jaya. Berbeda dengan pendahulunya yakni Suites Combi Bus, model baru diperkenalkan ini menggunakan sasis bus besar.

Secara tampilan dari luar, Legacy SR2 Suites Combi Family Series ini menggabungkan dua produk Laksana yang sudah hadir, yakni Panorama dan Suites Class.

Bisa dilihat di bagian depan menggunakan model single glass khas Panorama. Kemudian dari bagian tengah ke belakang, ada model suites class dengan tampilan kaca sampingnya yang menumpuk.

Stefan Arman, Technical Director Karoseri Laksana mengatakan, Suites Combi Family Series merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Suites Class yang sudah dirilis sejak 2019. Salah satu ubahannya adalah kini bisa memuat lebih banyak penumpang.

"Jadi bus ini bisa menampung lebih dari 35 penumpang. Kami yakin kendaraan ini tidak hanya jadi solusi bus reguler AKAP, tapi juga sangat tepat untuk jadi bus pariwisata," ucap Stefan di Ungaran, Selasa (19/4/2022).

Kemudian, ubahan paling utama adalah pada susunan bangku suites yang kini dua di kanan dan satu di kiri (2-1). Dengan begitu, susunan bangku ini cocok untuk keluarga yang ingin bepergian dengan bus suites class.

Suites Combi Family Series ini merupakan produk kolaborasi antara Laksana dan Sinar Jaya yang ketiga. Pertama ada model Transporter yang bagasinya sangat lega dan kedua adalah Suites Class di 2019.

Teddy Rusly, Direktur Utama PT Sinar Jaya Megah Langgeng mengatakan, perusahaan harus punya komitmen dengan penumpang. Salah satunya dengan mendengar keinginan penumpang selama perjalanan.

"Bangku suites yang dua ini dasarnya untuk keluarga. Kita lihat ini berdasarkan kebutuhan masyarakat. Mereka menanyakan kalau bawa anak, masa harus dipisah duduknya, itu yang jadi kendala" ucap Teddy.

Mengingat untuk konfigurasi bangku suites yang lama adalah satu di kanan dan satu di kiri (1-1). Jadi dengan model susunan yang baru, penumpang yang membawa anak kecil atau orang tua bisa duduk bersebelahan.

Ketika redaksi melihat secara langsung, masuk dari pintu depan langsung disambut dengan sekat. Sekat dibuka, ditemui bangku yang disusun 2-2 dengan legrest.

Bangku suites class bisa dilihat dari bagian tengah kabin sampai ke belakang. Bangku yang digunakan punya ukuran yang sama dengan sebelumnya, hanya saja susunannya yang lebih banyak.

Fitur seperti Audio Video On Demand (AVOD) pun terpasang di semua bangku suites. Tidak lupa, bangku bisa direbahkan sekitar 140 derajat dengan leg rest yang panjang, sehingga membuat penumpang nyaman selama perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/20/082200515/detail-bus-baru-karoseri-laksana-suites-combi-family-series

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke