Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pemudik yang Langgar Ganjil Genap Bakal Dikeluarkan dari Jalan Tol | Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain one way, sistem ganjil genap juga akan diberlakukan ketika arus mudik Lebaran yang dimulai dari Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 414, atau Gerbang Tol Kalikangkung.

Masyarakat yang akan melakukan mudik menggunakan mobil pribadi, diminta agar mempersiapkan waktu keberangkatan dengan menyesuaikan tanggal dan pelat nomor kendaraan.

Lantas, apakah akan ada penilangan bagi pemudik yang pelat nomor mobilnya tak sesuai dengan tanggal?

Selanjutnya, karoseri Adiputro baru saja merilis dua bus baru milik PO Antar Lintas Sumatera (ALS). Mendekati lebaran memang menjadi momen PO bus menambah armada baru.

Kedua bus yang baru rilis dari Karoseri Adiputro punya tampilan livery berbeda walau pilihan bodi dan sasisnya sama. Bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ HDD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz.

Untuk kelirnya, kedua bus masih menggunakan warna khas PO ALS, yakni hijau. Namun, pada bus pertama menggunakan livery yang berbeda dan menggunakan warna kombinasi hijau, emas, dan abu-abu.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 15 April 2022.

1. Pemudik yang Langgar Ganjil Genap Bakal Dikeluarkan dari Jalan Tol

Menjawab hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, memastikan tidak ada sanksi tilang. Namun tetap ada arahan yang dilakukan petugas.

"Tidak ada tilang, tapi akan dialihkan saja oleh petugas. Artinya dikeluarkan untuk melanjutkan lewat jalan arteri," kata Budi dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Sebelumnya, Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, sistem satu arah saat mudik dilakukan bersamaan dengan ganjil genap untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dari volume kendaraan pemudik.

2. Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda

Untuk unit ini digunakan sebagai armada kelas Super Eksekutif, perbedaan utama ada di kabin. Bangku penumpang disusun dua kanan dan satu kiri dengan menggunakan model yang lebar dan dilengkapi dengan leg rest.

Selain bangkunya yang lebar, penumpang juga dimanjakan dengan adanya sekat di bagian depan dan belakang. Adanya sekat bisa menjadi ruang merokok dan asapnya tidak akan masuk ke kabin.

Sedangkan di belakang, sekat berfungsi sebagai smoking room dan toilet untuk penumpang. Ingat, toilet yang ada di kabin bus hanya bisa digunakan untuk buang air kecil dan saat bus berjalan.

3. Jeep Meridian Bakal Meluncur di Indonesia, Lawan Fortuner dan Pajero

Sport Utility Vehicle (SUV) tujuh penumpang saat ini banyak diminati oleh konsumen Indonesia. Selain memiliki desain yang gagah, biasanya mobil ini juga dibekali dengan performa mesin yang bertenaga.

Dua model yang kerap bersaing di segmen tersebut adalah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

Namun, nampaknya tak lama lagi bakal ada pesaing baru di segmen tersebut. Pasalnya, PT DAS Indonesia Motor selaku general distributor merek Jeep di Tanah Air memastikan bahwa mereka akan menghadirkan Jeep Meridian ke pasar Indonesia.

4. Beda Sanksi Tilang Antara Tidak Punya dan Tidak Bawa SIM

Pengendara mobil dan sepeda motor wajib membawa SIM dan STNK. Keduanya dokumen tersebut harus dibawa saat berkendara sebab berkaitan dengan aspek hukum.

SIM merupakan bukti kompetensi seseorang dapat mengemudikan kendaraan sesuai golongan. Adapun STNK merupakan bukti kendaraan tersebut telah terdaftar resmi.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, jika ada pemeriksaan kemudian pengendara tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK maka bisa ditilang.

5. Jangan Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Alasannya

Wiper menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil. Bukan hanya sebagai pemanis saja, wiper berfungsi untuk menunjang keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan.

Wiper akan membantu membersihkan kaca mobil agar pandangan pengemudi lebih jelas saat berkendara. Selain menyapu objek yang mengahalangi kaca, terdapat pula tabung wiper yang dapat menyeprotkan cairan dari nozzle.

Beberapa pemilik mobil akan mengisi tabung wiper dengan air yang dicampur dengan shampo. Cara ini dianggap akan membuat kaca lebih bersih saat disemprotkan oleh air yang telah di campur sampo.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/16/060200215/-populer-otomotif-pemudik-yang-langgar-ganjil-genap-bakal-dikeluarkan-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke