Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dishub Banten Siapkan Skenario Cegah Kepadatan di Merak Selama Mudik 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Banten memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol menuju Pelabuhan Merak pada mudik Lebaran 2022.

Peningkatan ini diperkirakan karena adanya pembatasan kegiatan mudik dua tahun terakhir. Sehingga, setelah pemerintah resmi memperbolehkan aktivitas terkait maka peningkatan akan terjadi.

"Tahun ini kita akan fokuskan terhadap penanganan jalur tengah atau tol yang banyak dilalui oleh pemudik dibandingkan jalur arteri yang biasanya hanya pemotor saja," kata Kadishub Provinsi Banten Tri Nurtopo, Rabu (13/4/2022).

Dia mengatakan Banten akan menjadi pusat pelimpahan pemudik menuju Pulau Sumatera melalui Merak. Dia mengatakan ada sejumlah skenario untuk mengatasi macet menuju Pelabuhan Merak saat mudik Lebaran.

Pertama, Dishub akan menggunakan Jalan Cikuasa Atas untuk kantong kendaraan dari arah tol ke pelabuhan. Ini dilakukan agar tak ada antrean panjang menuju dermaga yang tersedia.

"Jalan Cikuasa Atas untuk kantong parkir yang akan menuju pelabuhan dan kendaraan yang prioritas lewat jalan bawah," ujarnya.

"Musim mudik Lebaran itu kami minta ditambah mencapai 140 trip setiap harinya," tambahnya.

Lantas, akan didirikan juga posko yang dibuat bersama Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri.

Posko ini juga berfungsi untuk pengawasan mudik dan pengawasan lokasi wisata yang ada di beberapa daerah di Banten seperti Anyer, Serang dan Carita di Pandeglang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/14/040200915/dishub-banten-siapkan-skenario-cegah-kepadatan-di-merak-selama-mudik-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke