Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Indonesia Sudah Punya 5 Unit Prototipe Innova Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia sudah memiliki lima unit Kijang Innova EV Concept Car yang dipamerkan kali pertama di helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Namun saat ini, dua diantaranya dikirimkan ke Thailand untuk dilakukan pengembangan dan uji lebih lanjut. Mengingat, Thailand merupakan salah satu negara yang sudah siap mengoperasikan kendaraan listrik.

Demikian dikatakan oleh Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

"Thailand juga sudah ada technical center-nya. Lagipula, yang membuat dan menguji kendaraan itu harus berbeda," kata Bob.

"Di Indonesia belum dites, masih studi dan dipelajari lebih dahulu," lanjut dia.

Menurut Bob, Toyota Indonesia menghadirkan prototipe Innova listrik karena ingin menyediakan full range technology pada seluruh modenya. Mulai dari bermesin konvensional (ICE), hybrid, plug-in hybrid, hidrogen, hingga baterai (mobil listrik).

Sehingga, seluruh lapisan masyarakat bisa berkontribusi terhadap pengurangan tingkat emisi CO2 yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor.

Terlebih, menggunakan kendaraan listrik murni perlu ekosistem khusus yang jauh berbeda dengan mobil konvensional, baik pada sisi produsen, konsumen, sampai perusahaan pemasok komponennya.

"Innova listrik itu kita masih tuliskan concept car karena masih perlu penyempurnaan baik pada interior, eksterior, noise, kompressor, dan lain-lain. Semua aspek lah," kata Bob.

"Tapi pada prinsipnya semua model disiapkan teknologinya," lanjut dia.

Adapun prototipe Kijang Innova listrik yang dipamerkan, masih dari basis Kijang Innova Reborn tipe Venturer. Mudahnya, dia menambahkan, Kijang Innova konvesional diubah menjadi 100 persen tenaga baterai.

Pada perubahan itu, sekitar 30 komponen hilang seperti mesin dan lain-lainnya. Namun dengan dimasukkannya baterai berukuran 60 kWh, bobot bersih Innova menjadi lebih berat sekitar 300 kilogram.

"Baterainya 60 kWh, tetapi masih impor," ujar Bob.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/02/174200915/toyota-indonesia-sudah-punya-5-unit-prototipe-innova-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke