Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Tilang Elektronik di Jalan Tol Siap Diberlakukan, Tindak Overspeed dan ODOL | Tegas, Ini 4 Syarat Pemerintah untuk Investasi Tesla di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mewujudkan Indonesia bebas dari kendaraan overdimension overloading (ODOL) dan pelanggaran batas kecepatan di jalan tol, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengaplikasikan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bersama Weigh In Motion (WIM).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, pihaknya akan berkolaborasi dengan Jasa Marga untuk melakukan penegakan hukum berbasis IT untuk WIM dan pelanggaran overspeed.

“Kita lihat pada saat penegakan hukum ODOL kemarin mendapat reaksi yang luar biasa dari masyarakat, demonstrasi, dan sampai penutupan jalan tol. Salah satu solusi yang kita tawarkan bersama Jasa Marga adalah penegakan hukum berbasis IT dengan sasaran ODOL dan pelanggar kecepatan,” ucap Aan dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3/2022).

Kemudian, perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, dikabarkan mulai kembali tertarik untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya pada produksi baterai litium.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan setelah mendapatkan telepon dari pihak perusahaan pada Kamis (24/3/2022) pagi.

Namun, Tesla harus memenuhi syarat dari Pemerintah RI dahulu sebelum implementasikan rencana komitmen tersebut. Tidak bisa seenaknya, apalagi beberapa waktu lalu Tanah Air diberikan harapan palsu olehnya.

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 25 Maret 2022.

1. Tilang Elektronik di Jalan Tol Siap Diberlakukan, Tindak Overspeed dan ODOL

Aan melanjutkan, semua kendaraan yang melanggar batas kecepatan dan serta truk yang ketahuan membawa barang berlebih atau ODOL di jalan tol akan langsung terpantau sistem ETLE.

Untuk pelanggar kecepatan yang melebihi batas, kepolisian memasang speed camera yang bisa menangkap gambar kendaraan lengkap bersama pelat nomor.

Demikian juga untuk truk ODOL ketika melewati sensor WIM, akan langsung terdeteksi dan pelanggarannya langsung diterima ke back office ETLE Nasional Persisi Korlantas Polri.

2. Tegas, Ini 4 Syarat Pemerintah untuk Investasi Tesla di Indonesia

"Tadi pagi, saya ditelepon dari AS, Tesla bilang dia mau bikin deal sama kita," kata Luhut, seperti disitat Antara, Jumat (25/3/2022).

"Saya bilang begini, 'Anda itu dua tahun lalu sudah telepon saya mau bikin baterai litium. Anda buat semua, mau mendikte kita, you cannot do this. Today is different, kita harus sama'," lanjut dia.

Ia pun dilaporkan akan memberikan syarat tinggi kepada Tesla, jika ingin berinvestasi di Indonesia. Beberapa di antaranya, harus terdapat transfer teknologi dan wajib mendidik tenaga kerja lokal.

3. Skutik Listrik Yamaha E01 Resmi Meluncur di Thailand, Berapa Harganya?

Bertepatan dengan pameran Bangkok Motor Show 2022, motor listrik terbaru Yamaha E01 alias NMAX bertenaga listrik meluncur di Thailand.

Sebelumnya, skutik E01 telah diperkenalkan di Eropa, yang menjadi senjata baru Yamaha di segmen elektrifikasi.

Disitat dari Great Biker (24/3/2022), motor listrik Yamaha E01 tampil di booth Yamaha dan menyita perhatian banyak orang, karena memiliki kesamaan desain di beberapa bagian dengan skutik Yamaha NMAX.

4. Quartararo Puji Grip Aspal Sirkuit Mandalika di Kondisi Trek Basah

Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika Circuit tetap berjalan meski sempat ditunda karena hujan deras. Meski trek basah, tapi grip yang dihasilkan tetap luar biasa.

Salah satu pebalap yang merasakan hal tersebut adalah Fabio Quartararo. Pebalap Yamaha ini start dari pole position, tapi hanya sanggup finis di posisi kedua.

Quartararo mengatakan, dirinya sangat terkejut dengan performanya sendiri saat balapan dalam kondisi trek yang basah di Sirkuit Mandalika.

5. Honda ADV350 Meluncur, Dijual Mulai Rp 70 Jutaan

Setelah muncul lewat bocoran gambar-gambar, Honda ADV350 akhirnya resmi meluncur di ajang Bangkok Motor Show 2022 di Thailand.

Honda ADV350 juga dibekali sejumlah fitur unggulan, seperti suspensi depan 37 mm upside-down Showa, dan suspensi belakang Sub-Tank Showa, yang menawarkan sistem peredaman lebih baik dibanding suspensi tanpa tabung.

Lalu ada Smart Key dengan Remote Key System, rem ABS depan dan belakang, sistem lampu rem darurat (ESS), sistem kontrol torsi HSTC, termasuk fitur remeh tapi penting seperti windshield yang dapat diatur level ketinggiannya sebanyak 4 level.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/26/062228315/populer-otomotif-tilang-elektronik-di-jalan-tol-siap-diberlakukan-tindak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke