Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Gilimanuk-Mengwi Bisa Dilewati Motor, Sepeda, hingga Pejalan Kaki

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali bakal memiliki lajur khusus bagi pengguna kendaraan roda dua.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit.

Sama halnya dengan Tol Bali Mandara, Tol Gilimanuk-Mengwi juga akan memiliki jalur pengguna kendaraan roda dua.

“Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi bakal memiliki lajur khusus bagi pengendara kendaraan roda dua,” ucap Danang, dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

Jalur khusus ini berada di SS Pekutatan-Mengwi sepanjang 40 kilometer dengan kecepatan rencana 40 kilometer per jam.

Jalan tol ini akan memiliki delapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yaitu 4 rest area tipe A dan rest area tipe B.

Tak hanya itu, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali juga akan menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur pesepeda.

Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, keberadaan jalur sepeda ini jalan tol bertujuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

“Ini akan menjadi jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia. Karena memang daerah wisata, jadi kita harus menyesuaikan kebutuhan wisata," ucap Basuki.

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi mulai dibangun Juni 2022 dan ditargetkan dapat selesai tahun 2024 agar dapat dioperasikan mulai November 2024.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/09/140100215/tol-gilimanuk-mengwi-bisa-dilewati-motor-sepeda-hingga-pejalan-kaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke