Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Ini Daftar Mobil Bekas yang Kurang Dilirik Pembeli | Mengapa Mandalika Disebut sebagai Sirkuit Terlengkap bagi MotoGP?

JAKARTA, KOMPAS.com –Dana terbatas jadi salah satu faktor mengapa seseorang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru, karena harganya lebih miring.

Selain karena dana, salah satu alasan pasar mobil bekas ramai karena ada konsumen yang ingin segera mengendarai mobil yang dibeli tanpa perlu menunggu masa inden.

Di pasar mobil bekas ada beberapa model yang laris, sebaliknya ada juga yang kurang dilirik oleh calon konsumen.

Selain itu, Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar dalam waktu dekat di sirkuit yang baru untuk MotoGP. Sirkuit ini unik karena disebut sebagai salah satu sirkuit terlengkap.

Karakter Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ini dibahas dalam talkshow yang bertajuk "Highlight MotoGP Qatar dan Preview Grand Prix of Indonesia".

Acaranya digelar di Mandalika GP Hub di Oval Atrium, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/3/2022). Bincang-bincang tersebut menghadirkan mantan pebalap nasional Ahmad Jayadi dan wartawan senior Arief Kurniawan.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Selasa (8/3/2022):


1. Ini Daftar Mobil Bekas yang Kurang Dilirik Pembeli

Joni Gunawan atau yang lebih dikenal dengan Joni Lapak Mobil, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan bahwa sedan masih jadi jenis mobil yang tren penjualannya cenderung menurun.

"Memang bukan sekarang saja, sudah dari dulu. Sedan trennya cenderung menurun," kata Joni kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, dia mengatakan bukan berarti sedan tidak laku. Sedan lebih lama terjual karena disebabkan jumlah peminatnya yang sedikit.

2. Mengapa Mandalika Disebut sebagai Sirkuit Terlengkap bagi MotoGP?

Menurut Jayadi, Sirkuit Mandalika menjadi salah satu sirkuit terlengkap yang ada di dunia. Sirkuit tersebut memiliki karakter tersendiri.

"Kebanyakan sirkuit lain itu high speed corner. Tapi kalau Mandalika itu punya high speed corner, ada U-turn, dan ada straight," kata Jayadi.

Jayadi menambahkan, jika ada satu pebalap yang bisa menyetel motornya sedemikian rupa agar cocok dengan karakteristik Mandalika, setelan tersebut akan bisa dipakai di sebagian besar sirkuit dunia.

"Jadi, ketika orang atau pebalap bisa menyetel motornya dengan baik sesuai dengan karakter Mandalika, otomatis setelan dia akan bagus di setiap sirkuit,:" ujar Jayadi.

3. Sambut Euro 4 Mesin Diesel, Harga Innova dan Fortuner Naik Rp 7 Juta

Toyota Indonesia memastikan kesiapannya untuk menyambut penerapan standar emisi Euro 4 pada kendaraan berdengan mesin diesel yang akan direalisasikan mulai 7 April 2022.

Sebab, regulasi tersebut memiliki tujuan yang sejalan dengan perseroan, yaitu mengurangi emisi seraya mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam hal standar emisi.

Selain pada sisi teknis, terpantau kini beberapa diler resmi Toyota sudah menghitung estimasi kenaikan harga mobil diesel per-Maret 2022. Pada daftar yang diterima redaksi Kompas.com, penyesuaian meliputi model Kijang Innova dan Fortuner.

4. Begini Lima Cara Cek BPKB Asli atau Palsu

Salah satu hal paling krusial saat ingin membeli kendaraan bekas baik mobil atau sepeda motor ialah kelengkapan dokumen, yakni Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Pengecekan keaslian BPKB wajib dilakukan. Sebab, jika pemilik baru mendapatkan dokumen palsu atau tidak sesuai dengan unit kendaraan yang dibeli, bakal menimbulkan kerugian.

Surat kendaraan yang palsu membuat pemilik tidak bisa membayar pajak saat waktu jatuh tempo tiba. Kemudian bisa dianggap bukan pemilik resmi karena tidak ada dokumen resmi.

5. Sudah Terdaftar di Samsat DKI, Ini Bocoran Harga Dasar Hyundai Ioniq 5

Kehadiran Hyundai Ioniq 5 sebagai kendaraan bermotor berbasis listrik murni alias Battery Electric Vehicle (BEV) di Indonesia agaknya tak akan menunggu waktu lama lagi.

Hal tersebut terlihat dari beberapa bocoran gambar di media sosial pada beberapa waktu belakangan, hingga terdaftarnya produk terkait di dalam database Samsat DKI Jakarta.

Dilihat Kompas.com pada Selasa (8/3/2022), mobil tercatat pada nomor urut 7 dan 8 dalam kategori Minibus dengan kode nama Ioniq 5 EV AWD AT dan Ioniq 5 EV 2WD AT.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/09/061920815/populer-otomotif-ini-daftar-mobil-bekas-yang-kurang-dilirik-pembeli-mengapa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.