Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rata-rata Konsumsi BBM All New Honda BR-V Selama Digunakan Harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah digunakan selama beberapa hari di jalur perkotaan, patut diakui rasa berkendara All New Honda BR-V jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Baik sisi handling, stabilitas saat bermanuver, bantingan suspensi, performa, kenyamanan kabin, sampai pengalaman berkendara dengan teknologi Honda Sensing untuk menekan potensi kecelakaan.

Lantas berapa konsumsi bahan bakarnya? Mengingat, efisiensi kini kerap menjadi perhatian masyarakat selain dari desain, teknologi atau fitur, serta harga jual kembali.

Untuk diketahui, pada kesempatan ini redaksi Kompas.com menggunakan varian tertinggi dari BR-V baru yaitu Prestige CVT dengan Honda Sensing.

Pengetesan dilakukan secara individu pada jalur perkotaan yang cukup padat, khususnya saat sore hari atau jam-jam sibuk berkisa pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Tak hanya itu, redaksi juga melewati jalur gravel dalam keadaan hujan. Adapun karakter berkendara cukup normal saja, alias tak terlalu menerapkan eco driving.

Dalam artian, pada jalur yang cukup sepi mobil mampu berlari di kecepatan 80 kpj. Kemudian, seluruh fitur juga tetap aktif, seperti pendingin udara atau AC , sehingga kinerja mesin dalam keadaan penggunaan normal.

Hanya saja memang absennya fitur overdrive di mobil membuat kinerja mesin sangat berat ketika BR-V harus diajak menyalip kendaraan lainnya. Dalam penggunaan jangka menengah, itu bisa membuat konsumsi BBM sedikit lebih boros.

Namun karena torsinya besar yaitu 145 Nm, menyalip kendaraan menjadi terasa biasa saja alias pengemudi tidak perlu effort berlebih walau bunyi mesin kadang meraung.

Melihat dari layar MID, dengan jarak tempuh mencapai 69,3 kilometer dan rata-rata kecepatan di 17 kpj (tanpa melewati jalur tol panjang), tercatat rata-rata konsumsi BBM BR-V generasi baru mencapai 11,7 kpl.

Cukup berbeda ketika mobil digunakan ke luar kota, seperti yang sempat redaksi lakukan bersama awak media lain beberapa waktu lalu. Menempuh jarak 450 km (Jakarta-Ungaran) secara konvoi, kala itu tingkat konsumsi BBM-nya tercatat 14,8 kpl.

Tentu angka tersebut bisa saja berbeda tiap orang, karena sangat tergantung pada karakter berkendaranya. Namun dengan rata-rata konsumsi BBM tersebut, maka BR-V masih cukup hemat atau setara dengan LSUV lain walau sudah banyak fitur.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/19/164100915/rata-rata-konsumsi-bbm-all-new-honda-br-v-selama-digunakan-harian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke