Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Fungsi Komponen yang Ada di Kursi Depan Bus?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bangku paling depan pada kabin bus atau istilahnya hot seat biasa dipilih penumpang yang senang melihat perjalanan.

Posisinya yang tepat di belakang pengemudi ini memberikan penumpang pengalaman menarik selama perjalanan.

Ketika duduk di hot seat, pada bagian depannya ada sekat yang memisahkan antara bangku dengan pengemudi. Sekat ini biasanya ada di sisi kanan maupun kiri bangku hot seat, lalu apa fungsi dari sekat ini?

Design Development Karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, sekat yang memisahkan bangku penumpang dan pengemudi punya dua fungsi, sebagai pengaman dan pegangan penumpang.

“Yang pertama pasti pengaman untuk penumpang dan sopir, jika ada rem mendadak, penumpang depan tidak jatuh mengenai sopir dan rasa aman penumpang depan,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika tidak ada sekat di depan hot seat, maka penumpang tidak ada pegangan selama perjalanan. Selain itu, di bagian sekat ini juga kerap dipasang cup holder untuk penumpang menaruh minumannya.

Fungsi kedua adalah sebagai pegangan penumpang saat mau masuk ke kabin. Mengingat dek bus saat ini cukup tinggi, sehingga penumpang harus menaiki beberapa anak tangga dan sekat ini jadi pegangannya.

“Untuk sekat ini, dibaut ke lantai. Modelnya ada beberapa macam, mulai dilapis plastik ABS dan ada juga dari cetak polyurethane dengan frame besi di dalamnya. Biasanya disebut sebagai material integral skin,” kata Deddy.

Selain ada di bagian depan, sekat ini juga dipasang dekat tangga belakang atau tengah. Fungsinya juga sama, melindungi penumpang agar tidak terjatuh ke tangga dan menjadi pegangan penumpang saat masuk dan keluar dari bus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/15/150200215/apa-fungsi-komponen-yang-ada-di-kursi-depan-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke