Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Dorong Perguruan Tinggi Akselerasi Transisi Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mempercepat transisi kendaraan konvensional menjadi tenaga listrik, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi, mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk turut membantu.

Menurut Budi, kendaraan listrik jauh lebih ramah lingkungan dan penggunaannya secara massal jadi salah satu upaya menurunkan emisi karbon di bidang transportasi, yang dinilai signifikan mengatasi masalah perubahan iklim dan pemanasan global.

"Bicara tentang penanganan perubahan iklim, penurunan emisi (dekarbonisasi) sektor transportasi merupakan salah satu hal yang paling signifikan yang harus dilakukan," ucap Budi dalam keterangan resminya, Sabtu (12/2/2022).

Menurut Budi, pemerintah berkomitmen melakukan penanganan perubahan iklim dan penurunan emisi pada sektor transportasi.

Sejumlah upaya telah dilakukan Kemenhub guna mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik.

Mulai dengan menyusun Peta Jalan Transformasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai Kendaraan Operasional Pemerintah dan Transportasi Umum, yang selanjutnya dapat dijadikan kebijakan pada instasi pemerintah.

"Kami di Kemenhub menindaklanjutinya dengan mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia melalui berbagai kebijakan turunannya," kata Budi.

Upaya lain yang juga telah dilakukan seperti pemberian insentif tarif uji tipe kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, dan melakukan touring dari Jakarta ke Jambi mengunakan kendaraan listrik pada 17 Januari lalu.

Budi mengatakan, ke depannya dengan semakin banyak pengguna kendaraan listrik maka akan diikuti pembangunan pembangkit listrik yang lebih bersih.

"Dengan demikian, tidak mengalihkan masalah emisi dari sektor transportasi ke pembangkit listrik," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/14/094200615/menhub-dorong-perguruan-tinggi-akselerasi-transisi-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke