Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Mobil Transmisi Manual Lebih Irit BBM?

JAKARTA, KOMPAS.com - Antara mobil transmisi manual dengan transmisi matik, manakah yang lebih irit dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM)? Pembahasan tersebut masih kerap ditemui di masyarakat.

Anggapan umum yang beredar adalah konsumsi bahan bakar antara mobil transmisi manual dengan matik tidak terlalu berbeda jauh, apabila kedua mobil memiliki tahun perakitan yang sama dengan pengemudi yang punya gaya mengemudi sama.

Namun Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), menyebutkan mobil manual bisa saja lebih irit BBM karena pengemudi bisa mengatur sendiri cara mengemudinya.

"Harusnya manual lebih irit daripada matik, kalau matik kan perpindahan giginya diatur oleh ECU atau komputer. Kalau manual kita sendiri yang mengatur, jadi bisa lebih responsif atau lebih irit tergantung bagaimana kita yang mengatur," ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Secara teoritis apabila diatur oleh komputer akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun Didi mengatakan kalau secara pengukuran akan lebih irit mobil dengan transmisi manual.

"Secara teoritis begitu, tapi secara kita pengukuran juga lebih irit yang manual. Tapi kalau secara perbandingan jika kondisi sama akan lebih irit manual tetapi perbedaannya tidak terlalu jauh," kata ia melanjutkan.

Didi juga mengatakan, untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih irit usahakan untuk tidak mengemudi secara agresif. Karena jika pembukaan throttle semakin besar maka bensin yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

"Kalau penekanan gas lebih agresif akan membuat throttle semakin terbuka sehingga bensin mengalir semakin banyak. Kalau bisa penggantian gigi jangan dilakukan di rpm terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah," ujarnya.

Didi menyarankan untuk melakukan perpindahan transmisi pada rpm 2.000-3.000 rpm. Tidak lupa sebagai catatan tambahan, penggunaan bahab bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik juga menentukan keiritan konsumsi bahan bakar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/07/131200215/mitos-atau-fakta-mobil-transmisi-manual-lebih-irit-bbm-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke