Salin Artikel

Pemula Belajar Mengendarai Motor Matik, Pahami Cara Aman Buka Tutup Gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sepeda motor matik masih menjadi favorit konsumen di Indonesia. Mudah untuk dioperasikan menjadi salah satu alasan masyarakat lebih memilih membeli motor matik dibandingkan motor bebek, atau sport.

Dengan kendali tuas gas dan rem, pengendara motor dengan transmisi otomatis tidak perlu memikirkan saat perpindahan gigi layaknya motor manual.

Meski begitu, masih banyak pengendara motor matik yang melakukan kesalahan saat mengendarainya di jalan raya. Terutama dalam hal buka tutup gas saat motor hendak berjalan atau dalam kecepatan tinggi.

Padahal, perlakuan motor matik ini tidak seperti manual, yang tingkat kecepatannya menyesuaikan posisi gigi transmisi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor skutik.

"Yang paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik," ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Pasalnya, buka tutup gas pada skutik merupakan hal krusial. Maka dari itu, pengaturan buka tutup gas juga diperlukan agar motor tidak nyelonong saat melaju di jalan turunan atau tanjakan.

Agus juga menjelaskan mengenai cara benar dan aman berkendara menggunakan motor matik, berikut caranya:

1. Buka gas perlahan

Agus mengatakan, saat akan menjalankan motor usahakan agar tidak membuka gas secara spontan tetapi bertahap. Lakukan, tahapan ini sampai kendaraan melaju dengan stabil.

“Saat awal buka gas secara bertahap sampai kecepatan stabil, jangan membuka gas secara spontan,” katanya.

2. Jangan titip gas penuh saat jalan menurun

Tak sedikit pengendara motor matik menutup gas ketika melaju di jalanan menurun. Padahal, menurut Agus, jika hal itu dilakukan justru motor akan los, karena mesin tidak membantu proses pengereman.

“Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman,” ucapnya.

3. Gunakan kedua rem secara bersamaan

Seperti diketahui motor matik tidak memiliki engine brake layaknya motor manual yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pengereman.

Untuk itu, agar lebih aman saat menggunakan motor matik Agus menyarankan agar pengereman dilakukan secara bersamaan antara rem belakang dan rem depan.

“Untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif,” tuturnya.

4. Jari jangan selalu menempel pada tuas rem

Agus juga mengatakan, saat pengendara sudah menguasai buka tutup gas dengan baik dan benar sebaiknya jari tangan tidak perlu menempel pada tuas rem.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standby di tuas rem kanan dan kiri,” katanya.

5. Jangan andalkan kecepatan untuk keseimbangan

Tak sedikit pengendara motor matik yang kurang mampu untuk menjaga keseimbangan saat melaju pada kecepatan rendah. Akibatnya, mereka pun memilih menambah kecepatan agar bisa lebih stabil.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, yang diamati di lapangan adalah kecenderungan pemula dalam mencapai keseimbangan berkendara dengan selalu mengandalkan tarikan gas.

“Ini yang membuat mereka tidak mahir menguasai atau mengendalikan kendaraan sepenuhnya. Akhirnya terbiasa selalu mengegas sebagai kompensasi untuk kendaraannya bisa tegak berjalan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/07/124100515/pemula-belajar-mengendarai-motor-matik-pahami-cara-aman-buka-tutup-gas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.