Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan Polisi Menjelang Street Race di Ancol Akhir Pekan Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah bersiap menggelar latihan balap jalanan bersama komunitas yang dihelat dengan nama Street Race. Ajang ini kabarnya akan berlangsung hari Minggu (16/1/2022) di Ancol, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Street Race Polda Metro Jaya ini akan digelar di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Lintasan balap dengan panjang 1,1 kilometer ini membentang dari Gerbang Barat hingga Gerbang Timur Taman Impian Jaya Ancol.

Persiapan lomba balap liar yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya terus dimatangkan jelang pelaksanaan acara.

Sejumlah persiapan berupa pemasangan tiang-tiang untuk tenda, pengecatan tembok di sekitar lokasi, hingga pemasangan bendera yang bertuliskan nama acara bertajuk Street Race Polda Metro Jaya dengan motto Mengejar Prestasi Bukan Sensasi.

Kepala Unit 2 Satuan Patroli dan Pengawalan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKP Harnas Prihandito mengatakan,pihaknya terus melakukan persiapan untuk kegiatan street race yang akan dilaksanakan di Ancol pada hari Minggu.

"Kami hari ini sudah mulai memasang tenda, mempersiapkan barrier, dan tentunya mengecek ulang kembali aspal-aspal yang sudah diperbaiki serta dinding-dinding yang sudah dicat, semuanya untuk keselamatan," kata Harnas seperti dikutip Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Harnas menjelaskan, saat ini untuk kesiapan penyelenggaraan acara Street Race di Ancol sudah mencapai 90 persen. Keamanan di sisi kanan dan kiri lintasan, kata dia, masih akan terus dilakukan pada hari Sabtu (15/1/2022).

"Kami akan evaluasi terus demi keselamatan untuk (pelaksanaan) hari Minggu," kata dia.

Dari uji coba atau tes drive yang juga dilaksanakan Jumat sore, Harnas memastikan bahwa lintasan sudah aman. Namun, kelengkapan lainnya terus dilakukan pada hari ini dan besok.

"Kami akan pastikan dan akan cek terus," kata dia.

Lebih lanjut, Harnas mengatakan, saat ini sudah ada kurang lebih 340 orang joki atau pembalap yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan street race tersebut.

Pihaknya juga sudah mempersiapkan tempat khusus untuk penonton di trotoar yangada di sebelah kali sepanjang trek balapan. Nantinya, mereka juga akan dibatasi dengan pagar warna hitam setengah badan.

"Penonton bisa masuk dari pintu Ancol Timur. Di sana nanti akan menunjukkan tiketnya, lalu diarahkan menuju tempat area festival," kata dia.

Selanjutnya dari area festival, beberapa pintu akan dibuka agar mereka dapat menyeberangi lintasan menuju ke tempat penonton. Harnas juga mengingatkan kepada penonton agar tidak membawa alkohol, senjata api, dan senjata tajam untuk keamanan bersama.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/15/071200615/persiapan-polisi-menjelang-street-race-di-ancol-akhir-pekan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke