Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Knalpot Mobil Keluarkan Asap di Pagi Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menyalakan mesin mobil di pagi hari, pemilik kendaraan sering menjumpai adanya asap tipis yang keluar dari knalpot. Hal ini biasanya tidak akan berlangsung lama dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun, tak sedikit pemilik mobil yang khawatir jika asap tersebut mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen mobil. Padahal, keluarnya asap tipis tersebut merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, keluarnya asap tipis dari knalpot di pagi hari merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Menurut Didi, keluarnya asap itu bisa saja disebabkan karena adanya perbedaan suhu saat mesin dinyalakan. Hal itu menjadikan keluarnya asap tipis dari knalpot saat mesin mobil dinyalakan pada pagi hari.

“Hal ini wajar, karena adanya perbedaan antara udara luar dan udara panas dari knalpot. Kecuali kalau udara sekitar panas, knalpot mobil masih mengeluarkan asap. Hal ini perlu dilakukan pengecekan, sebab bisa saja adanya kausan komponen seperti ring piston, seal klep, dan lain-lain,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/1/2022).

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi. Ia mengatakan, keluarnya asap tipis dari knalpot di pagi hari terjadi karena adanya proses kondensasi (perubahan wujud benda).

“Itu air kondensasi yang ada di knalpot, yang terkena panas ketika kendaraan dinyalakan di pagi hari. Sehingga keluarlah asap tersebut,” kata Anjar.

Menurut Anjar, keluarnya asap di pagi hari merupakan sesuatu yang wajar dan tidak berbahaya.

“Jadi para pemilik mobil tidak perlu khawatir mobilnya mengalami kerusakan atau permasalahan,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/134100515/penyebab-knalpot-mobil-keluarkan-asap-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke