Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Ban Botak Diukir Ulang, Produsen Sebut Sangat Berbahaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tayang di media sosial memperlihatkan video rekaman ban sepeda motor yang sudah botak kemudian kembangan atau bagian tapaknya diukir lagi sehingga tampak seperti baru.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly, diduga hal itu dilakukan untuk memperpanjang masa pakai ban yang sebetulnya sudah habis.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, cara yang disebut re-treading atau re-grouping itu sangat berbahaya.

Alasannya kata Dodi, ban botak menandakan bahwa kompon sudah habis. Saat tapaknya diukir ulang artinya kompon dan lapisan benang di dalam ban jadi sangat dekat.

"Jadi (jarak kompon) dan benang ply sangat tipis itu. Dikhawatirkan saat kena benda tajam ban bisa langsung drop (kempis) begitu," ungkap Dodi.

Selain faktor keamanan dan kekuatan ban, Dodi mengatakan, daya cengkeram ban botak yang diukir ulang sudah pasti berbeda dengan ban baru atau yang TWI-nya masih dalam standar aman.

"Sudah pasti beda. Karena konstruksi ban itu terdiri dari beberapa lapisan, dan di bagian akhir ada tread atau kompon itu. Tapi dengan tebal sedemikian rupa untuk menopang group itu tidak kuat," katanya.

"Ban itu sudah melewati batas TWI, terus kemudian di-grouping lagi maka sangat berbahaya. Menurut kami sangat berbahaya, dilarang," ungkap Dodi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/090200815/video-ban-botak-diukir-ulang-produsen-sebut-sangat-berbahaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke