Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Berkendara Melintas di Persimpangan, Jangan Tancap Gas

JAKARTA, KOMPAS.com – Persimpangan jalan bisa dibilang lokasi paling rawan kecelakaan. Kendaraan datang dari arah yang berbeda dan berkumpul di area tersebut.

Ketika sedang berkendara, kecepatan bukan hal yang paling utama, tapi soal keselamatan. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun Romansa Sopir Truck di Instagram, di mana terlihat pengendara motor yang menabrak truk di persimpangan.

Pada video tersebut memang tidak jelas, siapa yang menerobos lampu merah atau kronologinya seperti apa. Namun dari kecelakaan tersebut harus diingat, ketika berkendara melewati persimpangan, perhatikan kecepatan kendaraan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, seharusnya ketika masuk persimpangan, pengendara harus kurangi kecepatan, bahkan saat lampu hijau menyala.

“Tujuan dari mengurangi kecepatan ini untuk menghindari pengemudi dari arah berlawanan yang tidak berhenti karena ngeblong, ngantuk, atau nanggung,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bisa dilihat truk melaju cukup kencang, jika pengendara tadi mengurangi kecepatannya, mungkin kecelakaan bisa dihindari. Kalau sudah di jalan, tentu yang paling penting adalah sampai di rumah dengan selamat, bukan yang tercepat.

“Kurangi kecepatan dilakukan kalau memang tinggi, lebih baik lagi kalau siap-siap mengerem, jadi ketika lampu kuning, bisa mengurangi kecepatannya,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/06/192200915/saat-berkendara-melintas-di-persimpangan-jangan-tancap-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke