Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tentang Pelat Nomor Khusus di Indonesia, Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) merupakan pelat logam yang mencantumkan nomor kendaraan yang bisa beredar di Tanah Air dan sudah terdaftar secara resmi.

Ada berbagai macam pelat nomor di Indonesia sesuai peruntukannya, termasuk penggunaan kode registrasi yang menunjukkan wilayah asal kendaraan tersebut didaftarkan, atau kode yang menunjukkan bahwa kendaraan terkait merupakan kendaraan khusus.

Menurut Perkapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas, TNKB khusus memiliki spesifikasi tertentu dengan nomor registrasi berbeda, yang dipasang pada kendaraan dinas untuk pejabat pemerintah.

Berikut daftar kode pada TNKB khusus yang bisa ditemui di jalanan.

Sementara itu, aturan terbaru mengenai penggunaan pelat nomor rahasia tertulis dalam Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021. Pada Pasal 70 disebutkan penggunaan pelat nomor rahasia untuk kendaraan yang digunakan pejabat/petugas di bidang intelijen dan/atau penyidik guna menjamin kerahasiaan identitas.

Pelat nomor khusus yang digunakan oleh pihak berwenang dimaksudkan untuk membantu petugas dalam melakukan tugasnya agar dapat membaur dan tidak mencolok terhadap target operasinya.

Mengenai kode pelat nomor rahasia, pihak kepolisian memiliki kode dan spesifikasi tersendiri untuk membedakan dengan pelat nomor umum. Namun, sesuai dengan namanya yang rahasia, tidak dijelaskan lebih lanjut dalam peraturan tersebut mengenai detail kode apa saja yang digunakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/05/152200315/tentang-pelat-nomor-khusus-di-indonesia-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke