Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Gelar Juara Dunia Terbaik The Doctor, Salah Satunya karena Ban

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah karier yang panjang selama 26 tahun Valentino Rossi resmi pensiun usai musim 2021. Berbagai memori datang dari masa lalu termasuk masa-masa keemasan Rossi.

Selama kariernya The Doctor berhasil memenangkan 115 race, 235 podium dengan 199 di antaranya di kelas utama. Rossi mendominasi di awal milenium baik di Honda maupun di Yamaha.

“Saya pikir, masa terkuat (keemasan) saya mulai dari 2001 hingga 2005,” ungkap Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (2/1/2022).

Selama kariernya Rossi juga mengalami pasang surut. Pada periode keemasannya tersebut dia memutuskan langkah berani dengan pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004.

Langkah yang saat ini dikenang sebagai keberhasilan Rossi, yakni pindah pabrikan motor tapi berhasil merebut gelar juara dunia.

“Selama karir saya yang panjang, saya juga mengalami banyak momen sulit. Ada tiga kejuaraan yang tak terlupakan yang menandai karier saya. Ketiga gelar ini adalah yang terpenting dalam karier saya,” katanya.

Tiga gelar juara dunia tersebut merupakan gelar tahun 2001, 2004 dan 2008. Adapun gelar 2008 itu berhasil diraihnya setelah dua musim yang sulit.

“Pada saat itu karier biasanya berakhir. Namun dengan beralih ke ban Bridgestone, saya kembali ke posisi teratas. Saya bertarung dengan Lorenzo, Stoner dan Pedrosa dan memenangkan dua kejuaraan lagi. Saya pikir itu adalah momen terpenting dalam karir saya,” ungkapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/02/164100015/3-gelar-juara-dunia-terbaik-the-doctor-salah-satunya-karena-ban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke