Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pintu Bus di Tengah Bikin Tampilan Makin Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com – Penumpang bus memiliki dua akses ketika mau masuk ke kabin bus malam, pertama ada di pintu depan dan satu lagi di belakang. Pintu yang ada di belakang ini punya beberapa posisi, ada yang di tengah dan ada juga yang di belakang.

Perbedaan posisi pintu belakang ini juga mengikuti bentuk sasis bus maupun disesuaikan dengan permintaan pemesan. Namun, penempatan pintu belakang yang ada di tengah bagi sebagian orang membuat bodi bus terlihat lebih mewah.

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, mengenai tampilan bus pintu tengah memang terlihat keren karena berkiblat pada bus-bus yang ada di Eropa.

“Ya karena bus luar negeri atau Eropa kayaknya seperti itu (pintu tengah), jarang yang pintu belakang,” kata Deddy kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Sasis bus yang biasanya menggunakan bodi dengan pintu tengah adalah tronton atau premium dengan tenaga di atas 300 TK. Namun untuk sasis bus standar juga bisa minta untuk dibuatkan bodi dengan pintu di tengah.

Menggunakan pintu tengah ini juga punya beberapa manfaat. Salah satunya adalah posisi toilet yang bisa ada di sebelah pintu. Sehingga posisinya rendah dan tidak mengganggu pandangan penumpang ke arah samping.

“Dengan pintu tengah dimungkinkan toilet ada di depan atau belakang pintu tersebut dengan posisi di bawah. Jadi view jendela tidak terhalang bodi toilet,” kata Deddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/30/120200315/pintu-bus-di-tengah-bikin-tampilan-makin-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke