Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Angkat Bicara Soal Kejelasan Ganjil Genap di Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sistem ganjil genap di empat ruas jalan tol batal diterapkan saat libur Natal dan tahun baru (Nataru), namun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan hal tersebut masih memungkinkan untuk dilakukan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pada prinsipnya selama masa angkutan Natal dan tahun baru, pihaknya telah menyiapkan beberapa pola terkait antisipasi peningkatan volume kendaraan.

"Kami menyiapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas atas koordinasi dengan kepolisian, PUPR, dan BUJT jalan tol. Jadi mana kala ada peningkatan volume kendaraan baik di jalan tol atau nasional, kami merekomendasikan contra flow, satu arah, dan ganjil genap," ucap Budi dalam konfernsi pers secara virtual, Senin (20/12/2021).

Menurut Budi, ketiga manajemen lalu lintas tersebut bersifat sangat situasional. Artinya, bisa diterapkan atas diskresi kepolisian dengan melihat situasi dan kondisi lalu linta atau menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

Budi menegaskan, ketiga rekomendasi tersebut memang disiapkan oleh Kemenhub sebagai langkah antisipasi di lapangan, lantaran secara prediksi bakal terjadi lonjakan volume kendaraan di masa libur Natal dan akhir tahun.

"Untuk eksekusinya sangat tergantung dari diskresi kepolisian. Jadi kalau masih ada yang bertanya ganjil genap kapan dilakukan, kami tegaskan ini sangat mungkin dilakukan sepanjang ada penilaian dari kepolisian di lapangan," ujar Budi.

"Selanjutnya untuk pemerintah daerah, khususnya di kawasan-kawasan pariwisata punya kewenangan untuk melakukan manajemen lalu lintas seperti yang kamisampaikan tadi (ganjil genap, one way, contra flow)," lanjutnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, bila aturan ganjil genap di empat ruas jalan tol batal diterapkan.

"Kebijakan tersebut tidak jadi atau setidaknya ditunda," ujar Sambodo.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/21/090200815/kemenhub-angkat-bicara-soal-kejelasan-ganjil-genap-di-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke