Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Aftermarket Lokal Vespa Matik Makin Beragam

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan produk aftermarket untuk Vespa matik makin beragam. Selain produk impor dari luar negeri, kini sudah cukup banyak merek lokal buatan dalam negeri.

Jika merek impor terlalu mahal, Dennil Sagita pendiri Scooter VIP workshop modifikasi dan perawatan Vespa modern di Bekasi, mengatakan, bisa memakai buatan lokal.

"Untuk produk aftermarket lokal saya belum cek untuk kualitas dan uji ketahanannya jika dipakai untuk penggunaan jangka waktu yang lama, tapi tidak masalah jika memang nyaman saat dipakai," kata Dennil kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Dennil yang kliennya banyak para public figur itu mengatakan, pemakaian produk lokal tak masalah yang penting ialah pastikan bengkelnya biasa mengerjakan hal tersebut.

"Karena budget modifikasi masing-masing tiap orang kan beda-beda," katanya.

"Namun akan masalah jika subtitusi part yang belum tentu presisi atau malah jadinya merusak, sehingga konsumen sendiri yang dirugikan kedepannya sudah habis keluar budget banyak,” ujar Dennil.

Dennil mengatakan bahwa semua pilihan itu dibalik ke pengguna lebih nyaman pakai merek apa. Tapi di balik itu ada pepatah lama yakni "ada harga ada kualitas."

"Tahap uji coba di jalan itu sudah melalui proses yang sudah diperhitungkan untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama, dan ada beberapa regulasi yang sudah dikembangkan di luar negeri dalam hal faktor keselamatan pemakainya," kata Dennil.

Menurut Dennil, Scooter VIP juga kerap mengkampanyekan tetap menjunjung kenyamanan dan keamanan. Jangan malah modifikasi justru membuat repot di kemudian hari.

"Ada beberapa orang yang modifikasi datang ke bengkel mau performanya nyaman namun setelah dipakai dalam waktu sebentar sudah nyusahin seperti susah starter, susah langsam, mesin ngorok dan oli netes," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/17/190100215/pilihan-aftermarket-lokal-vespa-matik-makin-beragam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke