Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyeberang dengan Aman, Tunggu Lalu Lintas Kosong

JAKARTA, KOMPAS.com – Akun dashcam owners Indonesia di Instagram belum lama ini mengunggah video kecelakaan antara dua motor. Motor pertama ingin menyeberang dan motor satu lagi datang dari arah berlawanan.

Terlihat motor yang menyeberang sudah berada di jalur berlawanan. Namun, dari arah lain datang motor yang nampaknya terlambat mengerem, sehingga tabrakan terjadi.

Melihat kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kedua pengendara tadi sama-sama tidak hati-hati di jalan. Pengendara yang mau berbelok sebaiknya menunggu sampai situasi di depan aman untuk dilewati.

“Jadi dia tidak tiba-tiba menyeberang jalan. Sedangkan bagi kendaraan yang lurus, sebaiknya selalu waspada ketika berkendara dengan melihat jauh ke depan sehingga bisa memprediksikan bahaya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Agar tidak mengalami kejadian seperti di atas, pengendara motor yang akan berbelok harus lihat kondisi lalu lintas di depan. Sembarangan menyeberang malahan bisa membuat pengguna jalan kaget sehingga tidak bisa menghindar.

“Banyak kecelakaan terjadi akibat pengendara kurang sabar. Padahal dengan sedikit sabar, tidak akan terjadi kecelakaan di jalan,” kata Agus.

Bagi pengendara yang mau menyeberang, dengan menyalakan lampu sein seharusnya sudah menjadi tanda bagi pengguna jalan di belakang. Jadi pengendara cukup fokus ke arah depan dan menunggu kondisi jalan aman untuk berbelok.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/09/100200515/cara-menyeberang-dengan-aman-tunggu-lalu-lintas-kosong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke