Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Mesin Baru, mu-X dan D-Max Siap Minum Biosolar B30

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi membawa All New Isuzu mu-X dan D-Max ke Indonesia dan diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Mu-X dan D-Max yang masuk ke Indonesia ini merupakan generasi terbaru, salah satu sektor yang berubah total adalah mesinnya. Mesin terbaru yang kini digunakan memiliki kubikasi mesin yang lebih kecil dibanding generasi sebelumnya.

Dahulu, mesin mu-X dan D-Max berukuran 2.500 cc dan hanya menghasilkan tenaga 136 PS. Sedangkan yang terbaru ini mesinnya jadi 1.900 cc namun tenaga yang dihasilkan lebih besar, yakni 150 PS atau setara 147,9 TK dan torsi 350 Nm.

IAMI mengklaim kalau mesin terbaru tersebut siap juga untuk meminum biosolar B30. Apalagi mu-X dan D-Max kali ini menyasar target pasar yang lebih spesifik, yakni untuk kendaraan kerja di area terpencil, jadi mesin harus siap diisi solar dengan kualitas yang beragam.

Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation mengatakan, secara spesifikasi, mesin terbaru memang sudah siap dengan B30, tidak ada modifikasi, jadi tinggal pakai saja.

“Di mesin itu, ada injektor Diamond Like Carbon (DLC) bisa membantu memecah partikel jahat pada bahan bakar, apalagi untuk B30 yang kandungannya cukup banyak,” ucap Yohanes di Tangerang belum lama ini.

Selain itu, Isuzu sudah menyematkan double filter solar, jadi sudah siap kalaupun diisi dengan B30. Fitur double filter solar ini juga hanya ditemui di Indonesia, sedangkan di negara asalnya tidak ada.

“Mesin Isuzu enggak ada masalah diisi dengan B30. Kami punya pengalaman panjang waktu D-max yang 3.000 cc sampai mu-X generasi sebelumnya dan dijadikan untuk mengembangkan mesin 1.900 cc,” ucapnya.

Mesin mu-X dan D-Max yang baru diluncurkan di Indonesia masih Euro 2. Tetapi jika regulasi Euro 4 diterapkan pada April 2022, Isuzu sudah siap dengan mu-X dan D-Max bermesin Euro 4.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/21/142100115/punya-mesin-baru-mu-x-dan-d-max-siap-minum-biosolar-b30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke