Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xpander Facelift Jadi Modal Mitsubishi Bersaing di Segmen LMPV Jilid 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross facelift resmi meluncur pada 8 November 2021. Ubahan ini merupakan evolusi dari low multi purpose vehicle (LMPV) Mitsubishi yang sudah dilakukan bertahap sejak pertama kali dijual di Indonesia, yakni 2017.

Tentunya, kehadiran Xpander facelift dan Xpander Cross terbaru ini menjadi modal petualangan baru Mitsubishi di segmen LMPV jilid 2.

Pertannyannya kenapa LMPV jilid kedua? Tentunya, karena beberapa merek yang menjadi rivalnya ikut meluncurkan model terbaru. Kondisi ini akan menjadi tantangan Mitsubishi untuk terus bisa meraih perhatian masyarakat Indonesia.

Pondasi Mitsubishi cukup kuat, karena New Xpander dan New Xpander Cross ini memiliki model yang bagus untuk melibat para rival di kelasnya. New Xpander hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors telah mendapatkan penyegaran.

Pembaruan pada sektor eksterior ini mencakup New Front Bumper Design, New T-Shape Headlight with LED2, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, New 17” Two Tone Alloy Wheel.

Beralih ke kabin, New Xpander menawarkan kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior dengan kabin berkualitas tinggi, ruang interior yang luas dengan total 19 ruang penyimpanan, serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya.

Ubahan sektor interior mobil ini mencakup New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Interior Color & Accent, New Digital AC Panel, New 8” Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA), dan New Design Meter Cluster with Opening Animation.

Kemudian desai setir juga baru dengan Audio Steering & Hands Free Switch, New Rear AC Garnish, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad4, dan New 3-Dimension Seat Design.

Termasuk New Console Tray & Card Holder, New Rear Armrest with Cup Holder, New Floor Console with Armrest, New Rear USB Port on Front Console, KOS dan Start Stop Button, serta Cruise Control.

Selanjutnya, ubahan paling menarik adalah transmisi otomatis CVT yang kini memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output maksimum 105 PS atau setara 103 tk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Bicara soal fitur, New Xpander dilengkapi dengan sistem keselamatan yang unggul, yaitu Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar.

Tak berhenti sampai disutu saja, karena ada juga New Speed Sensitive Automatic Door Lock, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist (ASC, BA dan HSA, dilengkapi mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT).

“Dengan segala keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior yang semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik, kami memperkenalkan NEW XPANDER sebagai generasi terbaru,” kata Naoya Nakamura President Director PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam konferensi virtual (8/11/2021).

Faktor penentuan harga juga menjadi hal yang penting, kedua mobil baru Mitsubishi itu dijual dalam rentang Rp 249 juta - Rp 320 jutaan.

Direktur Marketing MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan, Xpander mengawali debut di GIIAS 2017. Klaim sukses LMPV Mitsubishi kemudian berlanjut dengan dikenalkannya Xpander Cross sebagai varian crossover.

"Xpander juga sukses dengan model facelift dan special edition yang tampil lebih modern, sporty dan stylish. Dilanjutkan dengan Xpander Special Edition Rockford Fosgate satu-satunya small MPV dengan audio system yang premium membuat Xpander makin berkelas," kata Irwan di Tangerang, Kamis (11/11/2021).

New Mitsubishi Xpander punya empat varian dan enam pilihan warna. Adapun New Mitsubishi Xpander Cross punya tiga varian dan lima pilihan warna. Baik New Xpander dan Xpander Cross masih mendapat potongan harga Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen sampai akhir 2021.

Berikut daftar harga Mitsubishi New Xpander tanpa diskon PPnBM 100 persen:

GLS MT: Rp 249.930.000
GLS CVT: Rp 259.570.000
Exceed MT: Rp 263.850.000
Exceed CVT: Rp 272.800.000
Sport MT: Rp 284.070.000
Sport CVT: Rp 297.370.000
Ultimate CVT: Rp 299.770.000

Rapor Penjualan Xpander di Indonesia

Mitsubishi Xpander ini tercatat telah beberapa kali melakukan penyegaran sejak meluncur pada 2017. Pada November 2021, Xpander facelift rencananya siap meluncur untuk terus meningkatkan penerimaan Xpander di tengah-tengah konsumen.

Tercatat selama empat tahun hadir di Indonesia, sudah ada ratusan ribu unit Xpander yang mengaspal di jalanan Tanah Air.

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan Mitsubishi Xpander dari September 2017 sampai September 2021 mencapai lebih dari 200.000 unit.

Penjualan pertama Xpander tercatat pada September 2017. Alhasil pada tahun pertamanya, mobil ini baru bisa terjual sebanyak 13.070 unit selama empat bulan (September-Desember 2017).

Namun capaian Xpander langsung melonjak drastis pada tahun berikutnya. Sepanjang 2018 itu, Mitsubishi berhasil menjual 75.075 unit Xpander ke pasar Indonesia.

Kemudian pada 2019, penjualan Xpander tercatat sebanyak 62.666 unit. Pada tahun ini pula, Mitsubishi meluncurkan Xpander Cross, sebuah Low MPV yang dibalut dengan penampilan SUV.

Adapun pada 2020, lantaran terkena dampak Covid-19, perolehan Xpander yang sebelumnya telah meningkat harus turun menjadi 26.362 unit. Meski begitu, penjualan Xpander terlihat mulai pulih pada tahun ini.

Sepanjang Januari-September 2021, Xpander telah terjual sebanyak 38.096 unit atau telah melewati capaian tahun lalu. Sedangkan untuk total populasi Xpander di Indonesia dari pertama kali lahir pada 2017 sampai September 2021 sebanyak 215.269 unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/13/120030915/xpander-facelift-jadi-modal-mitsubishi-bersaing-di-segmen-lmpv-jilid-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke