Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pameran Kendaraan Listrik Siap Digelar Mei 2022

SURABAYA, KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Pahlawan, telah dilaksanakan penandatanganan kerja sama event Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 antara Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Dyandra Promosindo, dan Jakarta International Expo di Vasa Hotel Surabaya, Rabu (10/11/2021).

Ceremony penandaranagan ini menjadi awal dari sosialisasi pameran PEVS yang akan dilaksanakan pada 12 – 22 Mei 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko menyatakan PEVS merupakan wujud keseriusan Periklindo memajukan industri otomotif, terutama kendaraan listrik dan industri pendukungnya sekaligus mendukung pemerintah dalam program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan, kendaraan listrik memang sudah tersebar luas di Indonesia. Pihaknya juga berterimakasih kepada Periklindo dan Jakarta International Expo atas kepercayaannya untuk bekerjasama mewujudkannya melalui PEVS.

“Ini adalah langkah kami bersama untuk berkontribusi dan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Kami mengajak seluruh elemen industri kendaraan listrik untuk ikut serta di gelaran Mei 2022.” Ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (10/11/2021).

PEVS tidak terbatas hanya untuk mobil, namun commercial vehicle, motor, sepeda listrik, aftermarket, dan seluruh industri komponen kendaraan listrik lainnya, dari hulu hingga hilir.

Melalui acara ini, diharapkan dapat memberi edukasi dan meningkatkan awareness mengenai kendaraan listrik, dan juga mendukung peningkatan penjualan industri kendaraan listrik, industri kreatif serta UMKM.

Acara ini adalah bentuk dukungan dan kontribusi terhadap program-program seiring sejalan dengan kebijakan pemerintah, mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan, serta banyak lainnya dari berbagai lintas departemen.

Pada acara yang sama, Periklindo memberikan penghargaan kepada generasi muda khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi atas pencapaian melakukan inovasi di bidang kendaraan listrik.

Moeldoko menyerahkan penghargaan kepada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Mejayan, Madiun. Penghargaan ini diberikan atas inovasinya dalam penelitian dan pengembangan kendaraan listrik.

SMK PGRI 1 Mejayan memperkenalkan kendaraan listrik yaitu Mobil Toko Kampung Pesiilat untuk keperluan UMKM. Tim Nogogeni dari ITS berinovasi dan merintis ekosistem kendaraan listrik.

Sedangkan Tim Arjuna dari UGM memiliki pencapaian yang tidak kalah membanggakan, dengan prestasi di ajang internasional yaitu Formula Society of Automotive Engineers (FSAE).

“Periklindo mengapresiasi pencapaian dari generasi muda yang mendukung pengembangan kendaraan listrik, Kami percaya di masa yang akan datang Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan di bidang kendaraan listrik,” ucapnya.

Tak hanya memberikan penghargaan, PT. Smoot Motor Indonesia sebagai salah satu anggota dari Periklindo juga memberikan apresiasinya dengan menyerahkan total 10 unit motor listrik kepada ketiga pemenang penghargaan Inovator Muda Mobilitas Masa Depan.

“Kami harapkan kepada para penerima penghargaan untuk tetap menjaga semangat dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia dengan terus melakukan inovasi,” ungkap CEO PT. Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/10/151200615/pameran-kendaraan-listrik-siap-digelar-mei-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke