Salin Artikel

Apa Bisa Ubah Kebiasaan Salah Menyalakan Hazard Saat Hujan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyalakan lampu hazard ketika melewati hujan deras seperti ritual wajib yang kerap dilakukan pengemudi mobil di Indonesia. Padahal, kebiasaan itu salah dan menyalakan lampu hazard saat mobil berjalan justru bisa membuat pengguna jalan lain bingung.

Ketika lampu hazard menyala, kedua lampu sein menyala, sehingga arah manuver dari kendaraan tidak bisa ditebak, misalnya tiba-tiba belok kanan atau pindah jalur ke kiri. Selain itu, aturan mengenai lampu hazard juga sudah tertulis pada UU Nomor 22 Tahun 2009, tepatnya pasal 121 ayat 1 yang berbunyi:

Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan.

Dalam UU tersebut pun tertulis kalau hazard digunakan hanya pada saat berhenti atau parkir, bukan berjalan. Tapi sayangnya, kebiasaan nyalakan hazard saat hujan cukup sulit diubah.

Sulit bukan berarti tidak bisa diubah, seperti yang dikatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana. Sony mengatakan, ada tiga hal yang bisa mengubah kebiasaan yang salah tersebut.

“Pertama adalah yang bersangkutan paham soal operasional. Operasional di sini maksudnya tahu bahwa masing-masing lampu dinyalakan hanya pada kondisi tertentu,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Kedua, pengemudi harus paham mengenai lalu lintas. Artinya, pengemudi memiliki pemahaman kalau lampu hazard dinyalakan pada keadaan darurat, seperti kendaraan rusak, berhenti, butuh pertolongan dan lain-lain.

“Ketiga, pengemudi harus paham keselamatan, bahwa keselamatan bukan untuk diri sendiri, tapi juga orang lain,” kata Sony.

Asumsi pengemudi yang menyalakan hazard agar kendaraan lain tahu keberadaannya sangat salah dan membahayakan. Seharusnya, dengan menyalakan lampu utama saja sudah cukup, di mana lampu belakang menyala merah.

“Tanpa dipahami ketiga hal tersebut, mustahil kebiasaan menyalakan lampu hazard saat hujan lebat ini bisa diubah,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/03/094200915/apa-bisa-ubah-kebiasaan-salah-menyalakan-hazard-saat-hujan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.