Salin Artikel

Kupas All New Honda Civic Varian Tertinggi, Pertama Kali Jadi RS

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi ke-11 dari sedan legendaris Honda Civic di Indonesia, Kamis (28/10/2021). Kini All New Honda Civic mengusung emblem RS dengan tampilan yang sporty dilengkapi beragam fitur canggih, salah satunya adalah Honda Sensing.

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 1976 sampai September 2021, tercatat sebanyak 118.814 unit Honda Civic Sedan telah terjual di Indonesia. Sepanjang tahun 2021, Honda Civic telah mengumpulkan penjualan sebanyak 265 unit, dengan pangsa pasar 40 persen di segmen small sedan.

Dari sisi eksterior All New Honda Civic RS punya tampilan yang sangat berbeda. Desain gril depan baru yang menyatu dengan Full LED Headlight yang juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal.

Pada bagian samping, terdapat cover spion yang berwarna hitam dipadukan aerokit eksklusif RS seperti Sporty Aero Trunk Spoiler, 17” Sporty Matte Black Alloy Wheels, Shark Fin Antenna, serta gagang pintu mobil dengan aksen hitam semakin mempertegas kesan sporty dari mobil ini.

Sementara bagian belakang menampilkan Dual Exhaust Pipe Finisher serta Rear Combi Lamp with LED Light Bars. Menurut kami, tampilan belakang kini lebih terlihat sporty dibanding generasi sebelumnya yang agak kurang pas kelihatannya.

Masuk ke kabin, pengemudi disambut Interactive TFT Meter Cluster sebesar 10,2 inci. Berbagai informasi bakal muncul di meter cluster tersebut, seperti Honda SENSING, sistem navigasi, rear seat reminder, hingga aktivitas lampu indikasi pada kendaraan seperti saat headlight, blinker hazard, dan brake menyala.

Pengemudi pun bisa mengganti tampilan takometer dan speedometer, round display atau bar graph display. Masih pada bagian depan kabin, aksen honeycomb berbahan logam yang membentang pada dashboard meningkatkan kesan mewah, serta menyembunyikan kisi-kisi AC.

Selain menyembunyikan kisi-kisi AC, motif tadi berfungsi sebagai garis pemisah visual antara sistem hiburan layar sentuh berukuran 9 inci dan panel kontrol AC dual zone dengan setelan otomatis.

Pada bagian kabin juga dipenuhi dengan bahan-bahan empuk yang menambah kenyamanan. Selain itu juga terdapat aksen-aksen jahitan berwarna merah di door panel serta bangkunya dan ambience light yang menyala merah menambah kesan sporty.

All new Honda Civic RS ini juga dilengkapi dengan Walk-Away Auto Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. Selain itu juga terdapat Honda Smart Key Card yang jadir sebagai alternatif pengganti remote control.

Kunci yang berbentuk seperti kartu ini akan memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock, sehingga pengendara dapat dengan mudah mengoperasikan mobil hanya dengan Smart Key Card.

All New Honda Civic RS diklaim memiliki Honda Sensing terlengkap di Indonesia. Rangkaian teknologi yang disematkan meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Selain itu, sama dengan All New BR-V, All New Honda Civic RS dilengkapi dengan Honda LaneWatchTM, 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

All New Honda Civic telah mendapatkan bintang 5 dalam tes New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) dengan skor keseluruhan mencapai 83,47 poin, termasuk uji benturan frontal offset, uji benturan samping, dan evaluasi fitur keselamatan.

Soal jantung pacu, 1.5 liter DOHV VTEC Turbo, memberikan peningkatan tenaga menjadi 178 PS atau setara 175,5 TK pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm. Tersedia juga fitur Sport Mode dan didukung Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporty.

Selain itu, terdapat juga ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

All New Honda Civic RS hanya tersedia satu varian yang dibanderol Rp 567 juta. Terdapat empat warna yang bisa dipilih, Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl. Mobil ini sudah bisa dipesan dan didatangkan langsung secara utuh dari Thailand.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/29/102200815/kupas-all-new-honda-civic-varian-tertinggi-pertama-kali-jadi-rs

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.