Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Ngawur Bonceng Anak Saat Naik Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan pemandangan yang langka ketika sedang di jalan melihat orang tua yang membonceng anak kecil di bagian depan sepeda motor.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta. Dalam rekaman tersebut, terlihat seorang anak kecil duduk sambil memejamkan matanya di bagian depan motor saat melintas di Jalan Raya Lenteng Agung arah Depok, Jagakarsa Jakarta Selatan.

Sebagai orang tua harusnya menyadari bahwa hal tersebut sangat membahayakan bagi sang anak, diri sendiri dan pembonceng serta pengguna jalan lainnya. Bahkan, polisi dan pakar keselamatan pun kerap kali mengimbau agar pengendara motor tidak membonceng anak di jok depan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, menempatkan anak kecil di jok depan sangat tidak diperbolehkan dan dibenarkan dalam aspek keselamatan, apa pun jenis motor yang digunakan.

“Jangan melihat penyebab langsungnya. Dalam konteks kecelakaan ini, membawa anak kecil dan ditaruh di depan adalah bentuk kelalaian fatal yang tidak dapat ditoleransi baik pada norma safety maupun legal hukum,” ujar Jusri.

“Jika kedua kakinya belum bisa menyentuh pijakan kaki dengan optimal, maka tidak direkomendasikan. Sebab si anak akan rentan keseimbangannya dan hal ini tentu akan berbahaya bagi keselamatan,” kata Jusri.

Menurut Jusri, sudah cukup banyak kecelakaan lalu lintas fatal dari roda dua yang melibatkan anak di bawah umur, bahkan balita saat sedang dibonceng. Sayangnya, jarang ada yang mengekspos insiden-insiden tersebut sehingga tak memberikan suatu perubahan pola pikir.

Selain dari sisi fatalitas, dampak yang jarang dipedulikan oleh orang tua adalah dari segi kesehatan anak.

“Perlu diketahui dengan menempatkan anak pada posisi depan baik berdiri atau pun duduk sama saja menjadikan anak sebagai tameng dari angin atau sesuatu hal lainnya yang bisa saja terlempar saat berkendara, belum lagi jika ada musibah yang tidak terduga,” ucap Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/06/112200715/jangan-ngawur-bonceng-anak-saat-naik-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke